Posted in Blablabla

Wabah Galau

Ecabeeeeee deeeeeeeh. Saya pikir tomcat ajah yang lagi merajalela wabahnya ampe dinyatakan KLB oleh mentri kesehatan, ternyata galau tak kalah hebohnya menyaingi ketenaran wabah Tomcet. Tomcet mah jelas, berasal dari spesies insekta a.k.a serangga. Walaupun dinyatakan sebagai wabah, tapi tomcat ini memiliki manfaat. Keknya saya ga perlu ngasih ceramah tentang tomcat ya boooowk, wong judule sahaja wabah galau dan bukannya wabah tomcat.

Okhaaaaaay,, back to topic hidayat

Akhir-akhir ini, wabah galau kerap meresahkan masyarakat Indonesia *nguuuuuing*. Wabah tersebut menyerang semua kalangan umur. Ga pandang status social pula. Pukul rataaaaa, semua kena. Hemat saya sebagai salah satu anak kesehatan, galau itu sebenarnya kata lain dari setres. Hanya saja, banyak pihak mengklaim “stress” itu bagian dari gila. Padahal, stress itu dibutuhkan untuk menyeimbangkan ying dan yang di dalam tubuh *apaan coba maknanya?*. beneren deh, kita bakal mengetahui kualitas diri kita jika melalui apa yang disebut “stress”.

Mengutip filosofi tante saya R.A Kartini *semoga RA Kartini legowo punya ponakan kayak sayah* “habis gelap, terbitlah terang”. Ketika stress melanda, gerakan alam bawah sadar kita atau yang sodaraan ama hypothalamus akan mengirim sinyal ke otak mengabari bahwa si tuan rumah sedang setres. Lalu dengan kekuatan alami dan ilmiah kita akan menyelesaikan akar dari masalah yang menyebabkan kita stress.

Jika stress itu terpecahkan, betapa indahnya hidup ini dan kita akan melihat sejauh mana kualitas diri kita. Tapi jika stress itu tidak terpecahkan, akan menambah beban hidup kita. Lage ya, saudara-saudariku tertjintah, kayaknya ga ada masalah yang tidak terselesaikan.

Percaya ga sih dengan titah sang kuasa, kalau semua unsur di muka bumi ini diciptakan berpasangan. Sepaket. Ada yang miskin, ada yang kaya. Ada kesusahan ada kemudahan. Intinya mah cuman satu “bersyukur”. Juga mengutip dari novel Negri 5 Menara “man jadda wa jadda” barang siapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia *tiiing. *hadeeeeeh, berasa lagi pidato di bawah patung pancoran*

Lets think about the realita *halaaah*

…..Galau…..

…..Stress…..

Maknanya sama-kan? Ketidaksesuaian antara harapan dan keinginan. Contoh : “haduuuuuh raaaay mama galau deh lihat kamu mondar-mandir kayak setrikaan”

haduuuuuh raaaay mama stress deh lihat kamu mondar-mandir kayak setrikaan”

Simaklah kalimat gajebo di atas.

Dimana menunjukkan satu makna yang sama..

Harapan nyokap agar anaknya duduk kalem nonton tipi..

Kenyataannya? Anaknya nonton tipi sambil mondar-mandir kayak setrikaan.

Jadi, hayuuuk setop galau sekarang jugaaah..

mending nyanyi yuk..

Galau kau suka hati tepook tangaaan,, plok,,plokkkk…

galau kau suka hati, mare kita lakukeun,,

galau kau suka hati tepok tangaaaan,, plok,,plok,,plok,,

(lagu galau 2012)

***********************************************

*************************************

Jangan heran kenapa saya mendadak sok jago nulis tentang galau, kemaren seharian full, saya menemukan galau mulai mewabah ke semua umur. Ih gileeeeeeee… bener-bener daghhh..

Kebetulan yang langka, kemaren saya sholat magrib berjamaah di mesjid depan rumah. Pas udah rakaat terakhir, ternyata imamnya berdiri kembali. Nah lo? Lengkap dengan bacaannya yang fasih. Sayapun bertanya-tanya dalam hati. Ini sholat magrib ato isya sih? Tapi sebodo dagh, saya ikutin imam ajah. Secara dosanya juga ditanggung imam,hihihihihihi…..

Pulang rumah, saya langsung nanya ama bokap…

“beeeeh, tadi itu sholat isya ya?” Tanya saya bener-bener lugu.

“kamu niatnya apa?”

“sholat tobat,beh” sahut saya dalam hati. Hahahahhaa… kalau beneren bunyi, ga kebayang dah bakal ditoyor ama babeh.

“solat magreb”

“iya, tadi itu memang sholat magrib. Kamu ikutin imamnya 4 rakaat?”

“yooooi,beh. Pan makmum yang baik akan selalu mengikuti imamnya”

“salah tadi itu”

“imamnya kenapa sih,beh? Kok ampe salah begitu?”

“lagi galau dia”

*nguuuuuuuuuuuuiiiiiiiiiiiiiiinggggggggggg* mendengar jawaban babeh saya langsung puyeeeeng.

Kedua

Kemaren sore-kan saya jalan kaki tuh dari kampus ampe rumah. Berhubung lagi program penghematan (hemat dan kere apa bedanya?), jadinya saya meminimalisir pengeluaran dengan berjalan kaki. Lageeee, ala iklan anlene, berjalan 1000 langkah perhari itu mencegah osteoporosis *ngeles* .

Di persimpangan jalan, saya nemu babeh naek motor. Dengan semangat 4-5-6 saya tereak-tereak ala orang demo penurunan harga BBM… “babeeeeh… babeeeeeh”. Tapi babeh ga ngeh ama teriakan saya. Ckckckckck,, padahal teriakan itu udah ngalahin bunyi knalpot babeh yang kayak foging.

Nyampe di rumah saya protes ama mamih…

Saya : “ma, tadi tuh saya ketemu babeh, di persimpangan, dipanggil-panggil juga ga nyahut-nyahut. Tumben banget babeh keluar sendiri naek motor. Biasanya-kan ama mamih keluarnya”

Mami : “papamu lagi galau,ray”

*nguuuuuuiiiiiiiingggggggggg*

Ketiga

Pagi tadi, sebelum ngampus, saya lari-lari keliling kompleks. Kali ajah dapet tawaran makan bubur lacing ijo gratis,hihihihihi. Terus, ada anak SD yang lagi nunggu angkot denpan rumah. Nah, berhubung si anak itu tetangga yang mengenali saya dan sebaliknya, maka bertanyalah saya..

Saya : “looh,loooh, udah setengah 7 kok belum ke sekolah?”

Anak SD : “angkotnya belum lewat,tante”

Saya : “biasanya jam segini angkotnya udah lewat-kan?”

Si anak SD mengangguk…

Datanglah ojek langganan yang juga beroperasi di depan rumah..

Ojek : “iyan, cepatmi ko naik ojek, nanti ko terlambat”

Artinya = yan, buruan naik ojek, ntar telat.

Saya : “mana angkot langganankah? Tumben nda beroperasi”

Ojek : “hepuuu deela, da menggalau supir nya”

Artinya = sopirnya lagi galau.

*nguuuuuuuuiiiiiiiiiiinggggggg*

Mendadak si anak SD jadi meurung.

Saya : “yan, sudah naik, nanti telat ke sekolah”

Si anak SD tetap menggeleng..

Lalu keluarlah nyokap yang mau buang sampah.

Mamih : “iyan, kenapa sayang? Kenapa murung?”

Anak SD : “sa galau,tante”

Artinya = saya galau,tante..

*gubraaakssssss*

Lalu mamih menetap mata saya tembus ampe ke korneanya..

Mamih : “coba deh ray, kamu teliti itu wabah galau. Siapa tau kamu bisa dapet award peneliti tergalau”

Meooooooooooonggggggggggggggg…

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

16 thoughts on “Wabah Galau

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s