Catatan Harian Mantan Mahasiwa

Percaya ga percaya, kekuatan alam bawah sadar besar pengaruhnya terhadap pencapaian impian dan harapan. Dimana mekanismenya itu lohhh yang membawa jiwa kita jadi bergerak ntuk meraihnya. Berbicara masalah kekuatan alam bawah sadar, kayaknya lebih kerenΒ  nanya ahlinya yang bisa menjelaskan secara terarah dan mengarah. Kalau nanya ke gw, yang ada kita muter-muter kayak para jemaah haji yang ngelilingi ka’bah. Ga jelas ujungnya *kayaklaguajeh* πŸ˜€

Akhir-akhir ini banyak pelajaran yang gw dapet di sekitaran gw. Adik gw yang semangat 4-5-6 ikut bimbel kini-kitu persiapan ebta/ebtanas (Eh,, sekarang apa ya similar meaningnya ebta?). Para mahasiswa yang mengejar cinta dosbing ampe titik darah penghabisan demi mengejar gelas SKM -Sarjana Kegalausehatan Masyarakat-. Dan masih banyak lagi. SEMANGATΒ  mereka yang ngebuka mata gw bahwa KEKUATAN ALAM BAWAH SADAR itu dahsyat, jendral! Ada banyak cara untuk menyiasati agar semangat itu senantiasa berkobar. Masing-masing orang pasti punya cara tersendiri menyiasati akan semangat itu, entah dengan cara yang bagaimana. Seperti yg barusan gw bilang, kita punya cara sendiri menyemangati diri sendiri.

Peluh hasil semangat mereka insyaalloh akan bernilai. Asal punya keyakinan akan itu. Oke? Hwaaaiiitiiiiing

(Pertanyaannya adalah, berapakah jumlah kata semangat untuk dua paragraf ini?)

==============================================================================

Berbicara masalah semangat/nyemangatin diri sendiri/kreasi alam bawah sadar, gw jadi ingat masa-masa ngegarep skripsi, 4 tahun silam *diiringilolongananjwing*. Saat itu, malassssnyaaaa tingkat dewa. Bener yah kata para senior yang mendahului kita. Mendahuli dapet gelar sarjana maksudnya. Kalau ngeskripsi itu banyak cobaannya. Mitosnya sama kayak orang yang naek haji, perbuatan kita nyang selama ini di dunia, akan dibales di tanah mekkah. Jadi, bagi yang lagi ngegarap sukrepseh, diharapkan agar senantiasa berbuat kebajikan .

Kala itu dosbing (dosen pembimbing) gw sering keluar daerah bahkan keluar negri, ditambah dengan bahan skrepseh gw nyang agak limited edition… Pokoke agak malas-lah ngegarapnya. Ibarat petani, bakal lama manennya kalo tanamannya dicuekin. Bisa jadi layu bahkan mati. Sementara teman-teman seangkatan udah pada bimbingan. Gw? Hanya duduk nyelesaiin baca kitab novel. Belum lagi komentar orang-orang yang gw kasihi bin cintai “KAPAN SARJANA?.

==============================

Singkat kata singkat cerita, gw berusaha memotifasi diri sendiri. Gimana caranya bikin target. Pokoknya targetnya harus ada dulu. untuk menjalaninya belakangan ajah. Toh tuhan sudah mencatat, kalau tanggal sekian, hambaNYA yang bernama RAYA akan menyabet gelas SKM, pasti dagh bakal dapet, tapi ya itu, TUNJUKKAN TARINGMU,ANAK MUDI.

Akhirnya.. target-target itu mulai gw tulis didinding. Tempat yang strategis dan selalu bisa dibaca.

Rancangan UndangUndang Skripsi

Tulisan2 itu seolah ngolok-ngolok gw kalau udah mulai malas-malasan lagi. Tapi anehnya karena tulisan asal didinding itu-lah gw jadi tergerak ngejar-ngejar pembimbing. Hanya 2 org yang dapet pak abcd sebagai anak bimbingannya. Saking sibuknya beliau. Temen gw yang satunya lagi tuh agaaak gimanaaa gituh? Istilah kasarnya β€œbureng” alias buru ranking, jadinya dia selalu mau jadi yang utama. Melihat dia yang segitu gigihnya mengejar pak abcd, akhirnya gw lagi2 termotivasi ikut2an ngejar. Sampe pak abcd terkesima ama perjuangan gw. “KEJAR DAKU, KAU KU TANGKAP” begitulah kiranya isi pikiran dosbing gw.

bagian rancangan alam bawah sadar πŸ˜›

Setelah pertemuan perdana ama dosbing dan melihat segitu gigihnya gw ngejar-ngejar beliau, akhirnya beliau setuju untuk stay di Kendari selama 5 bulan dengan syarat dalam 5 bulan tersebut gw udah ujian proposal dan melakukan penelitian. Asiiiiiiik. kebayang dong yaaa gimana happy-nya gw ampe sujud syukur segala.

wejangan untuk diri sendiri

Seperti yang gw bilang sebelumnya, prosesi sakral penyusunan skripsi ini juga banyak bumbu-bumbu magis dan asmaranya *tsahtsahtsah*. Cobaan jatuh cinta tuh godaan terberaaat. Harus istiqomah ama kata hati β€œGA BOLE PACARAN SELAMA NYUSUN SKRIPSI” sekuat apapun pesona kumbang yang datang menggoda *halah*. Ga semuanya sih orang yang pacalan saat ngeskripsi itu menemui jalan buntu. Ada juga yang lancar jaya maaah, ada penyemangat gitu bahasa geholnya. Tapi tidak bagi gw! Justru yang kayak gituan yang merusak konsentrasi!! hahahaha.

Jangan dikira gw mulus-mulus ajah nyusun skripsihnya walo dikate gw kagak maen-maen ama lope-lopean. Tetep ajah semangat kendur itu ada. Apalagi, kalau dosbing 1 ama 2 berbeda presepsi dan menerapkan isi otak mereka ke kita. Oh maaaaay. Kerjaan gw saat itu sholat tahajjud buat para dosbing, biar pikiran mereka bersatu dan membantu gw mewujudkan cita-cita gw jadi sarjanah,hehehe.

==============================================================

Endingnya apa?

Semua catatan ga penting alias celotehan yang gw pikir biasa-biasa ajah ga punya kekuatan apapun selain jadi bensin bagi semangat gw ajah, ternyata menjadi kenyataan!

September 2009, gw dijatuhi vonis menjadi seorang SKM -Bukan Sarjana Kegalauan Masyarakat- Susu Kental manis *plaaaaaks* #dijotosdekan

Coba tebak gw nyang mana? *sokmisteriyus* πŸ˜›

Dan saat itu gw berpikir bahkan gw yakini bahwa, kekuatan alam bawah sadar itu benar adanya, selagi kita mau berusaha sekuat jiwa untuk menjalani apa yang sudah menjadi takdir kita. Satu hal lagi yang perlu kita yakini bahwa TUHAN TIDAK AKAN MEMBERI COBAAN KEPADA HAMBANYA DILUAR DARI BATAS KESANGGUPAN HAMBANYA. MAN JADDA WA JADDA. Jadi, jangan pernah ada kata SAYA TIDAK BISA! tapi berkatalah SAYA BISA!

Kalimat di atas ini sering menjadi bahan cuap-cuap gw kepada mahasiswa tingkat akhir yang gw lihat agak kendur dalam mengejar kesarjanaan mereka. Ampe gw spikles sendiri saat menemui jiwa “EMAKEMAK” gw dalam menasehati mereka.

Salaman ama rektor

Jadi buat yang lagi semangat 4-5-6 mengejar cinTA *ngutipistilahnyesiYoga*, jangan pernah patah semangaaaat!!! You can do it if you try

Iklan

117 thoughts on “Catatan Harian Mantan Mahasiwa

  1. danirachmat berkata:

    Mantap Ray. Emang tulisan-tulisan kecil itu bisa bikin doping motivasi terus-terusan ke alam bawah sadar.
    Kelar dalam 5 bulan Skripsinya.. Hebat.

    Dulu sih kelarin TA dalam waktu setahun. Hihihi. Habis ujian proposal, ngilang dari kampus 10 bulan buat cari duit dan balik ngerjain TA kurleb 2 bulan setelah diultimatum dosbing kalo gak kelar 2 bulan itu kudu nyari judul baru. Huehehe… πŸ˜€

  2. Iwan Yuliyanto berkata:

    Ikut membaca semangat di sini di pagi hari. Saya kasih “like” deh.
    Di situ tertulis “Kuasai gastritis” itu artinya ingin nguasai ilmu ttg itu apa lagi berusaha melawan itu dalam diri?

  3. Triyoga Adi perdana berkata:

    Semangaaaaaaaaat mengejar cinTA ya yoga. Ihihihihi πŸ˜€

    Wah, mantep bu dosen. Ngeri bacanya dah.
    Dinding saya masih bersih dari coretancoretan gitu. Mungkin ntar sekalian saya graviti aja tulisan cinnnnnnnnnnnnnTA gitu kali ya. πŸ˜€

  4. Fanny Novia berkata:

    Naaahhh, cerita perjuangan yang beginian ini asyik banget buat dibaca Raya..woooaaahhhh, apalagi kalau inget momen wisudanya..idung jadi kembang kempis sendiri..hahaahahaa..:-D

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s