Posted in Bolang, Jokka, Kopdar, kuliner

[Kopdar] Meet And Greet Jeung Bawangijo

Stuju gak kalau gw bilang, syarat sah-nya kopdar adalah foto + berkuliner ria? Deal or not?. yoiiing dong pastinya, karena kedua syarat tersebut merupakan bukti otentik mengenai sebuah fenomena alam yang tak terduga. Dimana, sejarah terbukti, kalau kita pernah mendatangi daerah tersebut. No pic is hoax dong yaaaaah?

Well, lanjoooot…

Sebulan yang lalu, mbak rika (Bawangijo a.k.a mbak rika) nginbox, mengabarkan dirinya dapet DL (Dinas Luar) di Kendari. tapi pastinya belom tau. Gw taunya pas OOTan di dwider, kalau si mbak besok (selasa) ke Kendari. Gw nunggu kabar dari doski dulu, ampe pada akhirnya doski sms mengabarkan kalau Kendari itu puanas tapi banyak pohon,hahahahaa. Seharusnya teduh ya booook?

Berhubung hari itu gw sibuknya ngalahin presiden, jadinya kami cuman sms-smsan ajah, ampe malamnya gw interogasi alamat hotelnya, gilaaaaaaaaaaaaaaaa… pedalaman banget!!. Soale, hotel-hotel di Kendari udah pada di buking untuk kegiatan pasparawi (mohon dikoreksi jika kalimatnya salah). Begitu gw lacak pake gugel map, ga nemu. Trus waktu gw Tanya teman yang rumahnya di sekitaran pasar baruga (hotelnya terletak di sono), teman gw ngakunya kagak tau! Maka jadilah malam itu gw ga berani keluyuran di tempat mbak rika. Yang ada gw yang nyasar.

Sebagai (calon) guide tour yang keren dan terakreditasi *preeeet* gw harus memperlihatkan kepiawaian dalam menguasai wilayah,. Masa iyaaaaaa tamu bakal kerepotan nyari tuan rumah yang nyasar,hihihihihi. Hingga pada akhirnya kami bersepakat untuk ketemu besok. Rabu.

***

Eniwei, gw ama si mbak punya satu kesamaan. Sama-sama perempuan *gubraks*. Maksudnya kami sama-sama sibuk. Gini kali yaaa nasib orang yang kerja di bawah “kementrian”,hehehe. Paginya, gw berencana ke kantor imigrasi tempat mbak Rika kerja, karena kenyataan yang menggembirakan, kantornya tuh deket rumah gw. Coba deh amati alis dan mata anda. Deket-kaaaan? Seperti itu pula-lah pendeskripsian kantor si mbak dan rumah gw. Sayangnya, lagi keluar sarapan ama bosnya.

So, kita ngerencanainnya sore ajah ketemuannya. Mengingat besok (kamis) mbak rik bakal back to ibukota negara.

Kayak orang pacalan, sesiangan kami sms-an mulu. Nanya gimana caranya bisa kabur dari kantor dan saling ketemu,. Saat itu gw lagi check sound persiapan paduan suara, tanpa gw, suara sopreng (red:sopran) berasa kehilangan tulang rusuknya ;-p.

***********************************

Begitu nyampe kantor Imigrasi, gw langsung dapet sms dari si mbak. “raya pake jilbab pink ya?”. Niatnya mbak Rika mau ngerjain gw pake sembunyi di balik mobil,. Untungnya otak gw encer dan cepat merespon, langsung ajah gw teriak “mbaaak rikaaaaaaaaaaaaaaa” dan si mbak-pun keluar. Setelahnya si mbak izin ke bosnya untuk diajak kabur. Gw duduk manis di ruang tunggu sambil diinterogasi ama penjaga piket. Begini percakapan antara gw ama PP (Penjaga Piket).

Pp : “temannya mbak rika?”

Gw : *manggut-manggut dan senyum*.

Pp : “oooh, mbak rika orang kendari?”

Gw : “bukan”

Pp : “mbak teman kuliahnya pastinya, ya-kan?”

Gw : “bukan juga”

Pp : “mbak org Jakarta ya?”

Gw : “saya org muna”

Pp : *sambil melongo* terus ketemu dimana?”

Gw : “internet!”

Pp : “woooooow. Emang bisa?”

Gw : *tampang super pede* ini buktinya!

(intermezo)

=================================================================

Singkat kata singkat cerita gw ajak mbak rika ke Rumah Makan khas Kendari yang menyediakan sinonggi. Kalau di Makassar nyebutnya kapurung.

Makanan Khas Kendari

Sejenis makanan berbahan dasar sagu. . penasaran ajah, gimana modelnya mbak rika makan sinonggi,hehehehe. Secara mangan sinonggi ga perlu dikunyah. Langsuung luuuuuup masuk dah ke perut.

Belajar jadi orang Kendari😀

Sambil makan tentunya moto jugah. Say thanks to sinonggi dagh, karena sambil makan, kami banyak cerita-cerita. Seputar film korea-laaah *pastinyaaah*, kerjaan mbak rika, tentang Mper daerah, dan banyak lagi.

Mengutip kalimat mbak rika “RAYA, KITA TUH KAYAK TEMAN LAMA YANG BARU KETEMU YA? PADAHAL INI PERTAMA KALINYA KITA KETEMU”. Dan, inilah keajaiban ngeblog. Yang bisa menyatukan ragam bahasa + daerah. Hanya dari postingan, kita udah bisa mempelajari karakter seseorang .

Mbak rika yang (menurut gw) pendiam ajah bisa lancer cerita-ceritanya,. Padahal dalam imajinasi gw, mbak rika tuh orangnya kalem dan silent person, lihat dari postingan-postingannya + foto-fotonya siiiy, sehingga gw rada mempersiapkan bahan yang ga garing. Eeeh… ternyataaaaaah….. pepatah jadul menjadi kenyataan “don’t judge something by the coper” . Mbak rika asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik. Ampe ga kerasa waktu banyak kita abisin di Rumah Makan.

=============================================================

Jahadi, gw ajak ajah mbak rika ke taman atau yang ngetrend disebut kebich. Kendari beach.

Menjelang Magrib

Mayan sih disana, 11-12 ama kuta Bali kok kalau nunggu matahari tenggalam. Nuansa romantisnya juga dapeeet,hihihihi. Kebich ini merupakan salah satu ikon kota Kendari. jarak tempuhnya 1 jam. Jadi kebayang dong yaaaaa?? Cuapeknya di pete-pete.

Dalam Pete-pete (Angkot)

Setelahnya

At Monas ala Kendari😛

Selepas magrib, kami back to leptop. Awalan mbak rika gw mau culik ke rumah, tapi ternyata, bosnya ngajak jalan-jalan lagi. Dan bosnya jemput di pertamina.

SPBU kebetulan tepat di depan lorong rumah🙂

Why pertamina? Biar lebih mudah mendeteksi kalau mbak rika beneren gw culik!!

Well mbaaaak
.. Nice to meet you ^^.. see you again

*in memorian cerita kopdar*
*kehangatan di dunia multiply*
*mendadak kangen*

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

111 thoughts on “[Kopdar] Meet And Greet Jeung Bawangijo

  1. bicara culik2 jadi inget pernah nyulik orang beneran😀

    penasaran tuh makanan yang di foto pertama, yg pake sumpit diputer2 … dimakannya gimana gitu? baru tau ih … bahan dasar sagu kah itu?

    1. betuuul,mbak🙂
      namanya sinonggi…
      bahan dasarnya sagu..

      makannya :
      diputer…
      dibulet2in..
      dicelup ke kuah ikan/sayur..
      langsung dagh di LLlllllllep ke mulut,hehehe..

      kalo mbak kesini,ntar aku ajarin,hehehehe..

      1. menarik sekali cara memakannya ya …
        aku emang harus ke Kendari apalagi satu teman sekolah dulu masih tinggal di sana sampai hari ini🙂 tapi dia gak pernah tuh ngasi tau ada makanan jenis yg unik ini hehehe … posting dong cara bikinnya. atau udah ada tapi aku blom tau?😀

  2. wii asiknya yang kopdar. MP emang ajaib yaa. kemarin aku kopdar sama mba ira juga padahal kami bukan kontak dan baru ketemu sekali itu. cuma bilang kata MP aja rasanya udah kenal gitu🙂

    1. iyaaah,kaka Yan..
      rerata MPers-kan nyebar ke bbrp daerah..
      jadi bikin QN ajah kalo kita mau ke wilayah X misalnya..
      langsung dah direkomendasiin MPers nyang aseli kota X tersebut..

      dan herannya,,
      baru sekali ketemu tapi berasa kayak teman lama yg reunian🙂

      aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…
      pengen kopdar ama kaka ya jugaaa ^^

  3. Asekkkkk..
    Nantikan giliranku ya Raya, aku yang ke Kendari atau dirimu yang ke Duluth. qiqiqiqiqiqiqi…
    Anyway, sinonggi itu seperti papeda? kayak bubur lengket2 gitu ya?
    Itu cara makannya pake sumpitkah? Kuahnya opo?

    1. Wating emak enkuuus ke Kendari🙂

      Papeda yang asal papua itu bukan,mak?
      iyaaa…
      kayak bubur lengket2,,
      kayak Lem gt,mak,,hehehehe..

      itu pake sumpit buat menggulung doang..
      seberapa banyak yg mak mau ambil trus d taroh d piring..
      terus dipotong kecil2 ala kapurung (similar meaning at makassar) d piringnya..
      Pan ntar kecampur tuh antara kuah ikan ama sayurnya..

      untuk kuah disni, kreasi mak enkus ajah..
      mau nyampur kuah atau makan one by one🙂..
      enaknya pake kuah, biar ga keselek sinonggi😀

        1. ibarat bhineka tunggak ika, mak..
          berbeda-beda tapi satu juga
          #plaaaakssss *Dikeplakbulakbalik*😀

          sinonggi – kapurung sama ajah.
          sama2 dari sagu..
          cuman beda pendamping ajah..

          kalau sinonggi,kan atu2 tuh dimakannya (pendampingnya maksdnya)🙂. Jadi sayurnya beda piringnya, ikannya jg beda.

          kalau kapurung semua dicampur.. sagunya dibulet2 (kyk cara mbak rika gelung2 sinonggi). Jadi satu paket gt deh makannya..

  4. Persiapan kalo nanti ke kendari disuguhi sinonggi sama raya, coba jajal makan aica aibon di kasih saos, pasti g beda jauh kan rasanya *ngikik*

    1. aica? kayak nama ponakanku,mbak😀..
      aica… lengkapnya Aisyah,hahahaha..

      ituuu…
      aica aibon itu makanan khas sana ya,mbak?

      pengeeeeeeeeeeeen beraaaaaaaatsss ketemu kakaknya Bawangijo😀

              1. Dari bandung ke jogja kereta ekonomi cuma 35 doang. 30 ribu juga bisa. Dari jogja surabaya, 30 ribu juga. Muter-muter dah, muraaaaaaaaaaah😀

                Kereta mah udah muterin jawa, dari yang pantai selatan sampe pantai utara juga ada. Tinggal milih.😀

  5. Kopdar dan makan minum, dulu pas bulan puasa, diwajibkan beli biar ngga diusir satpam krn minjem meha kursi, satu gelas es jeruk dikerubungi banyak orang😀
    Jd kapan atuh kita berjumpo nona Cantik???

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s