Posted in Blablabla

Pernikahan Persepupuan. Salah?

Dampak negatif nonton ftv niih,jadi kebawa.bawa ampe dunia mimpi. Pagi tadi gw nonton ftv yang -lupa judulnya- keren menurut gw walau jelas endingnya bisa ketebak.

Tentang larangan sebuah pernikahan antar sepupu. Jadi konon ceritanya di daerah Jogja itu, tidak memperbolehkan pernikahan antar sepupu. Begitulah kesimpulan dari ftv tadi. Gw ga tau jg alasan laennya. Kalau merunut dari pelajaran biologi, anatomi fisiologi ama seksiologi jikalau pernikahan itu masih erat hubungan darahnya kelak akan terjadi kromosom ganda dalam diri jabang bayi. Endingnya anak yg lahir dari hasil perkawinan tersebut akan kelainan atau cacat.

Tapi kembali lagi. Jodoh itu unpredictable, hehehe. Yang gw pahami, pernikahan sepupu yang tidak diperbolehkan adalah sesama saudara laki. Contoh ni ya… gw punya 2 adik cowok. Jika anak2 mereka menikah(anaknya adik tengah ama bontot gw) salah satu dari anak mereka ada yg kelainan. Mohon share jika ada yang tau penyebabnya🙂.

Kembali ke ftv…
Bedanya kota Jogja ama daerah kelahiran gw, justru pernikahan yg sering terjadi adalah sepersepupuan. Tujuannya mah juelaaaaaas. Untuk memperkukuh keturunan, .
Heran deh yaaaa… jaoh.jaoh kuliah ke negri orang, ujung-ujungnya pasti nikahnya ama sepupu juga, . ‘Ntahlah ya bagi kebanyakan orang, sepupu itu layaknya saudara  bagi gw saking deketnya kita bersepupuan,hehe

Selain dari pada itu yang namanya cinta itu bisa jatoh kepada siapa saja dari suku mana saja. Selagi pernikahan itu bukan sedarah (saudara kandung) show must go.on…. menikahlah sesuai sunnah rasul .

Kendari, 1 oktober 2012
Saat malam luruh menyelimuti bumi

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

93 thoughts on “Pernikahan Persepupuan. Salah?

  1. Kalo bisa sih memang ga boleh ya pernikahan antar sepupu. Terutama kalo ayah si laki-laki adalah sodara dari si pengantin perempuan. Lebih-lebih sodaraannya sama ayahnya pengantin perempuan. Sifat-sifat hereditas yang buruk nanti akan diturunkan (pernah dibahas di pelajaran biologi sma tapi karena saking ga bisanya biologi ya udah lupa pastinya). Jatohnya kaya incest. Memang sih cinta tapi kalo bisa sih yang ga ada hubungan ajah.

    1. Hahahaha.. tooos dulu dong,mas..
      sama.. Ilmu biologi saya jg cetek, jadinya agak susah mau bercuap2 lagi🙂

      intinya sih begitu..
      selain bisa memperluas keluarga, nikah ama org lain juga,, lebh bagaimaaaaana begitu yaaaak?😀

  2. aku sama suamiku, ternyata bisa dibilang sodaraan, baru tau pas udah mo nikah sih, tapi yah sudahlah, gak bisa dibilang sedarah juga sih, kalo sumatra ada istilahnya sodara sekampung gitu😀 hehehe… ribetlah kalo dibikin pohon silsilahnya😀

    1. kalo dibikin pohon silsilahnya ala tulang ikan, bisa-bisa kita spupuan juga,chan😀..

      Astagaaaa chaaaan,, aku baru ngeh,, echan udah berkeluarga yaaa?? kirain masih singlet ladies😀

  3. kalo di minang dan kalo nggak salah…., kalo nikahnya sama sodara perempuan ibu nggak boleh, tapi kalau sama anaknya saudara laki-laki ibu boleh …🙂

    Mending ray jangan sama sepupu2an deh,,,cari yang laen aja😀 #nahlho

  4. ray, nontonnya kok jauh banget dari korea ke FTV? ahaha …
    IMO daripada rawan (nikah sama yg masih sodaraan) gitu, aku lebih milih yg jauh sekalian. Bumi Allah itu luas, jadi nebar salamnya bisa jauh juga … *gaknyambungamat*

  5. Itulah pentingnya silsilah kekerabatan. Selain kita lebih mengenal saudara, bisa juga mikir 2x buat nikah ma sepupu sendiri…..Hahahhahha

    #Setauku, pernikahan yg ideal itu ya antar sepupu…..tapi nggak boleh sepupu dari pihak ayah. Alasan2nya udah disebutin di postingan2 diatas kan🙂

        1. maksudnya batal wudhu, kalo kita senggolan sama sepupu stlh wudhu maka akan batal, dan yg batal wudhu itu boleh di nikah ( menurut paham yg aku ambil), jd ngotot gitu.. kan boleh dinikah haha..

          1. huwaaaaaaaaaaaaaaaa….
            ray sering tuh bcandaan ama para sepupu kalo abis wudhu..
            biasanya kita saling ngejar untuk membatalkan wudhu dan biar si sepupu wudhu berkali-kali..

            jaaa.. diii???
            mereka yg harus ray nikahin,mom?
            poliandri deh raya,mom?😛 *maunyaah*

  6. oohh klo di Yogya gitu yah tradisinya…

    tapi kan menurut Islam menikah sesama sepupuh gak apa2.. yang ga boleh klo sama saudara kandung…

    tapi lucu jg yah, klo ada sepupuhan, yah dari kecil maen bareng udah kayak saudara sendiri,, ehhh pas gedenya mereka nikah… hehehe

      1. di keluarga ku ada yg kayak gitu..

        Saudara perempuan Nenekku punya saudara perempuan,, nah anak2 mereka kan sepupuhan.. mereka nikah.. sampe skrng alhamdulillah cucunya baik2 aja.. hehe *bingung ga loh baca penjelasan ane… ^_^

        1. zaman dulu-kan susah tepe2 sama org lain kecuali ama spupu sendiri😀.. masa iya tepe2 ama VOC siiih? xixixixixixi😀..

          kalau dari neneknya suami saudaranya nenek moyang buyutku *nahlooonambahbingung:P* mereka nikahnya wajib antar sepupu, untuk melindungi kekuasaan dan mengutuhkan kelurga besar yg terangkum dalam sebuah marga,hehehee..

          dan aku adalah…
          hasil pernikahan sepupu,hahahahaha😀

          1. wuaahhh,, nambah bingung…:S

            tapi kan asik klo nikah mah VOC, ntar anak dan cucunya pada blesteran, klo gitu kan keluarga kita bisa menguasahi dunia enterteiment di Indonesia, setidaknya bisa jadi pemain sinetron kejar tayang.. hohohoho

            oohh,,, ceritanya kamu nih korban nikah sepupuhan.. hehe *jadi kamu mau keluar dari jalur tradisi tersebut yah???🙂

  7. kalau yang aku emang dilarangnya karena takut bayi yang lahir dari pernikahan sepupu itu akan cacat. emang Raya lagi naksir sepupunya yaaaa? *tebargossiiip*

  8. sama suami cuma sodara seiman hehe..secara gen nya beda banget rıbuan kılometer sı pesek dan sı mancung:D tapı umumnya dı turkı banyak jg sıh yang nıkahan masıh sodara2 gıtu..ampe bıngung buat nyandangın nama panggılan: kayak adıknya ıbu mertua nıkah sama adıknya menantu mertua. kakak ıpar nıkah sama sepupunya juga..pokoknya muter2 dı lıngkung keluarganya

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s