Posted in artikel

Doa Sholat Istikharah

Sebelum saya beberin doa-doa mujarab terlebih dahulu yuk mare kita pahami definisi dari istikharah itu sendiri. Apa sih yang kalian pahami mengenai istikhrah itu sendiri? Apakah seseorang yang bernama istikh yang lagi nyari arah? *dijitak malaikat*. Bcanda ding

Banyak pakar memberi definisi istikharah, lebih lengkapnya search d rumah mbah gugel ajah ya🙂. Kalau menurut saya, istikharah itu?? mmmmmmm..

“Sebuah permohonan kepada tuhan, agar dipilihkan dan diberi petunjuk yang terbaik bagi kita. Istikharah disini ga cuman terkait masalah jodoh saja, tetapi semua aspek yang mengintari kehidupan kita. Misal, kita tuh lagi dalam masalah besar, dan diharuskan untuk memilih, ga ada cara lain yang lebih jitu selain melaksanakan istikharah”-Raya 2012-

Definisi istikharah tuh luassss… Tapi sayang, banyak orang yang belum mengamalkannya. Padahal, ibadah ini sangat kita butuhkan, utamanya ketika kita kebingungan dalam masalah jodoh besar.

Saya sempat baca sebuah hadits, dari Jabir bin Abdullah r.a. bahwa “Rasulullah saw mengajari kami surat al-qur’an. Kata beliau ‘ Apabila dari seorang diantara kalian memiliki rencana untuk melakukan sesuatu, hendaklah dia rukuk dua rakaat yang bukan fardhu (lima waktu), lalu hendaklah dia membaca doa istikharah” [HR Bukhari, Ahmad, dan laenlaen].

Penasaran dengan doanyaaa??

Doa ini bukan saya yang bikin loh yaaaaa . Teks doa ini merupakan yang dituntunkan oleh Rasulullah :

 

Allahumma, inni astakhiiruka bi’ilmika, wa astaqdiruka biqudratik.

artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan yang terbaik kepada Engkau dengan ilmu yang ada padaMU dan aku memohon kekuasaanMU untuk menyelesaikan urusanku, dengan kodratMu.

Wa as-aluka min fadhlikal ‘azhiimi, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’alamu wa laa’almu, wa anta ‘allaamul ghuyuub.

artinya : Dan aku memohon kepadaMU sebagai karuniaMU yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha kuasa sedangkan aku tak berkuasa, dan Engkau Mahatau sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha mengetahui perkara yang ghaib.

Allaahumma, in kunta ta’lamu anna haadzal amra khairul lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii, faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiih

artinya : Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku serta lebih pula akibatnya di dunia dan akhirat, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amra syarrul lii fii diinii wa ma’aayii wa’aaqibati amrii, fashrifhu ‘annii washrifnii’anhu, waqdur liyal khaira haitsu kaana, tsumma radhdhinii bih.

Artinya : Dan sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih buruk untuk diriku, agamaku dan kehidupanku serta lebih pula akibatnya di dunia dan akhirat, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini dan takdirkanlah kebaikkan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya

****

Alangkah indahnya hidup ini jika kita senantiasa beristikharah mengharap tuntunanNYA, agar kelak kita dimudahkan dari kesulitan ^^

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

33 thoughts on “Doa Sholat Istikharah

    1. Hahahahahahahaha…

      hadeuuhhh,,
      bahaya yaaa kalo mosting yg punya korelasi antara atu postingan ke postingan lainnya😀

      Tapi beneren deh,mbak Za..
      sumpaah disambar cowok cakep, ga ada hubungannya ama nyang maren😀

  1. urutannya: sholat tahajud-hajat- ıstıkharah dı spertiga malam..hajjyarrrr!!:D ınshaalloh jalan ketemu sı mas2nya lebıh dımudahkan..heheh kalo sempat dhuha pagınya bagus lagı..:))

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s