Posted in kuliner

Batagor Oh Batagor

“Raaaaay… makan batagor yuuuk”…

“apa? batagor? makanan apa itu?”

“itu loooh… 7 tingkat di atas syomay”

********

Dari zaman dahulu kala, gw ga pernah denger atau makan yang namanya “batagor”. Dalam imajinasi gw, batagor itu bentuknya kayak batu bata. Trus digoreng, maka jadilah BATAGOR => BaTaGoreng *langsung disambit ama batagor lovers*. Gw juga gak banyak cingcong setelah si yunior pesen.

Setelah hidangannya nongol, gw kayak apaaaaaaaaaaaa gt, berasa eksaiteeeeeed banget mandangin batagor. Ampe mbak-mbak pelayannya rada prihatin ama gw.

Naaaaah… ini dia batagornya :

Batagor dari jarah jauh :P
Batagor dari jarah jauh😛

Ternyata isinya campuran tahu dan kacang. Saat itu, saking terpanahnya gw ama batagor, jadi lupa sabda dokter langganan gw “KACANG HARAM UNTUK KULIT SENSITIF YG RENTAN JERAWAT”. Kalau emang udah ditakdirkan untuk muncul, kagak makan kacang-pun ntu jerawat pasti nongol,hahahahahaha *pasien durhaka*.

nyummi
nyummi

Bener kata temen gw. Batagor 11-12 ama syiomay siiihhh. Tapi enakkan batagor menurut gw. Ada citarasa khas pas terjadi pencampuran dengan saliva #eaaaaaaaaaaaaaaaaa.. Dan efek negatif karena kacangnya mendadak ga ada. Wuiiihhhhh,,, alhamdulillah.

Atu lagi, batagor tuh cocoknya ama es buah. Ibarat anang-ashanti. Jodohkuuuuuuuu . Ga tau ya kalau yang laen,hehehehe…

es buah
es buah

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

103 thoughts on “Batagor Oh Batagor

  1. Kalau batagor itu campurannya ikan tenggiri sama udang, dan langsung digoreng, tanpa dikukus dulu, makanya rasanya lebih gurih, bunda di Nuernberg terkenal jago bikin Siomay sama Batagor lhoooooo …*bangga doong*😀

    1. Loh,,loh,,loh,,, mbingung deeeh..
      jadi gambar2 ituuu *nunjukharubatagor* disebut batagor atau shomay,bund?

      Buuuuuuunddddddddddd…
      kirimiiiiiinnnn duuuunnnnggggg,,,
      ray ngidam batagor niiiih, bawaan bayi #ups *nyengirkalem*😆

      1. Ya bedanya itu Non, dicampurannya, siomay mah umumnya tenggiri dan ayam, trs dikukus, kalau batagor mah, isi ke tahu atau ke kulit pangsit, langsung goreeeeng… Hhhmmm jadi pengen bikin hehehe

        Buat sendiri aja atuh Non Atuuuul…!!!
        Ngidam? Trs kapan nikahannya? Ko ngga bilang2? Yo wes kado kawinannya ndak jadi deh *simpen di lemari buat yg lain, sambil mutung*

        1. huwahuwahuwahuwahuwahuwa *merontarontapenuhcinta*
          deuuuggghhhh eta bunda kumaha siiih? kadonya tetep dooong, bunda datang ke Kendari! Titik😛

          bikin sendiri? olreeeit!! i’ll do it. I’ll try it *ngucappenuhsemangat*😆

    1. gimana mau kriyuk2 kalau udah kesirem saos kacang gt,mir?😀
      etapii aku penasaran ama batagor d wilayah lain deeh,, samaan kayak ginih atau ada versi lainnya?😀

      someday kalau Mira makan, potoin yaaaa😀

        1. batagor,,batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor..batagor.batagor..batagor..batagor..batagor
          .
          .
          .
          .
          .
          .
          *kemudian di bom molotov*

  2. Memang tinggal dimana? Kayaknya batagor jarang ya di situ.. di kota saya (Jakarta) batagor udah familier banget, jadi jajanan anak SD sampe jadi menu restoran. Gak susah deh belinya B) favorit saya juga ini<3

    Emm…. fotonya bikin saya laper mendadak…

              1. Mauuu~ kayaknya seru ngeliat tulisan temen-temen blog asal Kendari (saya punya dua atau tiga temen WP asal Kendari) tawaran yang menarik banget Mbaaak :”) makasih banyak😀 tapi sayangnya keadaan masih nggak memungkinkan. Belum punya waktu dan duit😀

  3. bakso tahu goreng gitu batagor.. daku sudah tahu sejak jaman kuliah waktu ke bandung.. eh tapi daku makannya pake kecap dowang kalu ga mo biduran..
    wuih anang-ashanti disamain sama batagor dan escampur.. :p

        1. *bukaatlas*😛
          dari sini ke sana jarak tempuh berapa lama ya kalau ncarter ojeg? terus bakal melintasi laut arafuru ga nih ya?😀

          *mandanginmaknkus*
          aaaada baaaakat nari india *panggilrahul*😆

    1. nooooooh d kuwali masih ada seupil saos kacangnya..
      masih bisa d camur tahu tuh,un..
      special gw simpenin buat lu..
      konon kabarnya, sisa yang paaaaaaaling akhir itulah kenikmatan yang hakiki dari sebuah batagor! *digamparpanci*

  4. wuuiiihhhhhhhhh………
    nikmat amat makan batagornya mbak, aku ngiler ma es buahnya aja dech,
    batagornya dah dihabisin ngk ada bagianku… hiks.hiks.hiks…

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s