Posted in Diari, kuliner, Makyus

Balada Daun Bawang

Selain jago masak air, gw juga handal dalam masak telor. Tapihnya telor dadar. Telor favorite gw ya iniiiii, telor dadar. Praktis! Mudah! Ga bakal iritasi kulit karena sengatan minyak panas #Moduuuuuus. Selain itu bisa dikreasikan dengan menggabungkan tomat dan bawang atau dedagingan. Paket komplit kalau gw bilang.

Kala itu, hari pertama gw masak d rumah. Pangeran gw doyannya makan telor juga, Alhamdulillah. Tapi sialnya telor mata sapi! Haaaaaaaaah, dan telor itulah yang selama hayat dikandung badan gw hindarin. Dengan segala bujuk rayu setan cantip yang nyungsep ke dalam raga gw, akhirnya sukses bikin doi MAU makan telor dadar,xixixixi. *piiiiiiiis yank*

Gw bergerilya d dapur. Grasak-grusuk nyari ide buat campuran telor dadar. Menggerayangi isi kulkas yang sialnya isinya cuman deretan telor doang L. Yaaaaaa, namanya juga baru, jadinya isi kulkas masih kosong melompong .

Hingga pada akhirnya mata gw terpesona pada dedaunan ijo seger. Mulailah gw mutilasi bawang Indonesia (red : merah dan putih) dan nyampurin ama daun ijo yang gak gw tahu namanya. Hasilnya mempesona. Lumayanlah. Rasanya juga okelaaaah. Standar lidah Sulawesi.

*******

Selepas sholat berjamaah, gw sungkem ama si imam yang adalah pangeran gw *ihaaaaaaaaaaaaaaaa*. Doi mendengus mencari sesuatu sepertinya. Sesuatu yang tidak mengenakkan jiwa. Dan pendengusan terhenti di tangan gw.

Imam : “ya alloh, habis ngapain tadi? Kenapa tangannya jadi bau bawang gini?”

Gw  : *cuek* abis masak telor dadar yang dicampurin ama bawang. Sudah cuci tangan juga kok.

Imam : “kok setajam ini baunya?”

Gw : “pan percampuran bawang Indonesia,kak. Jadi biar bawang d dapur tidak ada kecemburuan sosial karena pilihan saya “ *ngeleees*.

Dengan rasa penasaran yang membuncah, akhirnya si pangeran duduk manis d meja makan dan menyantap hasil kreasi bininya. Ekspresi wajahnya sih pengen nambah lagi. Aaaaaah dan bahagealah gw sukses bikin perut pangeran gw ketagihan.

Imam : “ini siiiih bawang semua isinya”

Gw : “maaaana? Noooh ada daun-daun ijonya juga” *nyari pembelaan*

Imam : “iya, tapi ini daun bawang, sayaaaaang”

Gw : “apanya daun bawang? Ini daun seledri, sayang”

Endingnya pangeran gw hampir kolaps setelah sukses gw bawaiin daun yg gw klaim sebagai seledri. Ternyata daun seledri itu nama kendari-nya daon sup dan daun bawang, ttp ajah daun bawang dan pastinya aromanya BAWANG!

PS : Daun bawang itu bukan daun seledri looooooh

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

46 thoughts on “Balada Daun Bawang

  1. Hahahhaa…. pdhal enak lho telur dadar daun bawang, tapi jangan dicampur lagi sama bawang putih dan merah raaaay…. mending kasih bawang goreng aja..

    1. naaaaah,, klo pake bawang goreng itu kesukaan mamah saya,mom… Beliau selalu bikin telor dadar tapi isi dalamnya bawang goreng gt🙂

      waaaaah,,, selera mommy samaan kayak mamah sayah d rumah😀

  2. MasyaAllah….. seriusan kah ini?? ndk bisa bedakan daun bawang sama daun sup (seledri)??
    kemarin ndk sempat training kah??xiixixi #peace.

    anyway, sudah pindah di rumah sendiri kah say? jadi ceritanya tinggal berdua yak sekarang?? tawwaa…

  3. Nak Atul, caranya masak telur dadar memang begitu, bawang dua macam itu dicampur daun bawangnya juga. Kalau nggak pake itu mana ada rasa gurih wanginya? Mau lebih enak lagi, irisin cabe merah, kasih sesendok kecap manis, kocok rata baru digoreng. Coba deh, dijamin enak walau nggak pake isi apa-apa. Bawang yang tiga macam itu bumbu utama setiap dadar deh.

    Kalau omelet, anak saya bikinnya dicampurin bayam sama kacang polong dan irisan tomat, tapi nggak dibumbui kecap dan cabe. Enak juga ternyata, Saya paling doyan omelet anak saya ini. Coba juga ya.

    1. kelihatannya menggoda selera,bund *ngeces*
      baiklah,, raya akan nyoba resep bunda..
      yang make irisan cabe + sesendok cabe kayaknya oke juga. Bisa jadi menu sarapan pagi😀

      makasih sarannya,bund ^^

  4. daku kalu ngedadar cuma pake daun bawang loh.. pelanpelan juga raya jadi ratu dapur deh..
    kalu mo special pake daging juga jamur.. biasanya kalu makan pake roti, suka dicampur bayam ato brokoli ato parutan wortel.. mantap deh..

      1. dicincang loh, enak tuh.. kembang kol juga dicincang deh.. ga usah halushalus.. udah mateng kog kalu didadar dengan api kecil aja biar ga gosong..

  5. Daun seledri bisa ketuker ama daun bawang? Gak heran deh, Raya gitu lho. *ngakak*.
    Kalau aku malah suka ketuker antara parsley (gak tau bhs Indonesianya) ama daun ketumbar. Kudu dicium dulu baru ketahuan yang mana yang daun ketumbar karena daun ketumbar baunya khas.

    Seledri di sini (Duluth ngAmriko) gendut gendut batangnya, daunnya cuma seiprit.

  6. Kalau mau bikin telur mata sapi aka telor ceplok yg cantik, sekarang dijual cetakannya. Atau bisa juga pakai penggorengan datar yg diameter 10 cm. Dijamin pasti jadi, bahkan mata sapinya bisa melirik. Tenang saja mbak Raya, alah bisa karena biasa *meski terpaksa* :-):-) Jangan2 tahun 2014 tiba2 sdh launching Raya’s Catering…..

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s