Posted in artikel

The Pamalies

Eniwey, pemali yang difatwakan oleh orang-orang terdahulu itu ada fakta logisnya juga dimana kePEMALIan tersebut kelak akan membawa dampak positif dalam hidup kita. Mau dibilang musyrik siiiy, bisa jadi bisa juga nggak Hanya tuhan yang tau. Ngejalanin proses kehamilan kemaren gw juga dihujani pamali dari orang tua dari seluruh penjuru kampoeng halaman. Dilarang ini-itu.kudu ini-itu yang mana sering bertentangan dalam dunia medis.

Ah yeee, gw ngebahas pamali yang diteropong dalam dunia kehamilan

The pamalies yang gw tau adalah sebagai berikut :

  1. Ga boleh ada yang dililit-lilit dileher. Katanya, kelak bayi kita itu terlilit tali pusarnya dalam kandungan. Laaaah, sementara gw doyan ngelilit jilbab
  2. Ga boleh makan dipiring yang pecah. Katanya kelak bayi akan sumbing. Logikanya siiiy, ya iyaaalaaah makan d piring pecah berbahaya, kalau pecahannya ketelan gimana coba?
  3. Makannya harus dipiring yang bagus, yang kinclong, katanya kelak anak kita jadi cantip atawa cakeebs. Laaah, kalo emak-babehnya udah catnips en cakebs duluan gimana doong? *langsungngaca*
  4. Ga boleh nongkrong di depan pintu, katanya ntar pas lahiran si bayi di depan pintu mulu.
  5. Ga boleh nangis, katanya ntar si baby jadi cengeng. Naaaah, yang paling ga masuk akal iniiiiih! Jadi kalau ada yang lagi curhat tentang kesedihan hatinya, kita mesti ngakak gitu? Yang ada juga kena beracun,hahahhaaaaa..
  6. Ga boleh makan singkong. Katanya ntar si baby dalam kandungan sakit perut. Gustiii . Laaaah, gw-kan ngidamnya singkong kalaitu..
  7. Ga boleh makan nanas, katanya ntar keguguran. Walo usia kandungan udah matang
  8. Ga boleh ngehina orang, kelak si bayi mirip orang yang kita hina tersebut. Dari TK juga gw tau, ngehina orang tuh DOSA kelleus.

And so on and so on.. Saking banyaknya gw lupa,xixixii..

Cobalah kita tengok poin ke 4. Ampe sekarang gw belum dapat realita dibalik fatwa no. 4 tersebut yang sialnya gw alamin. Jahadi, di kantor, meja gw ketepatan di depan pintu. Di rumah mertua juga meja kerja laki gw sekaliguuuuus tempat gw nongkrong plototin film korea juga letaknya d depan pintu. Ruangan tamu orang tua gw, kursi yang paling sering gw tempatin letaknya tepaaaat d depan pintu.

Sehingga, ketika gw kesulitan ngelahirin, mulailah muncul bisik-bisik tetangga tentang kepamalian tersebut. Dan emang bener siiiiy, si yusuf tuh lama di pintu kala itu. Yang paling ganasnya, ketika nenek –yang usianya mencapai angka 100 + konsumtif sirih- gw tau si bayi susah keluar karena kelamaan d pintu, mulailah beliau mengeluarkan jurus ampuh pengusir sial, segelas air mineral yang diberi sentuhan magis. Lalu disembur-semburin ke aer tersebut dan memerintahkan gw segera minum. Blaaaaaaaas! Tandaaas! Gw ga inget apa-apa lagi.. Dan beliaupun bahagea setelahnya muncul tangisaan bayi.

****

Ternyata kesulitan gw ngelahirin kemaren itu karena ga pintar NGEDEN,pemirsaaaah. Ga pintar! Ga tau!. Ga ada hubungannya ama air magis sakti mandra guna-guna nenek gw . Berdasarkan tutorial yang gw dapet, katanya ngeden itu semacam kesusahan BAB selama seminggu, jadi ngedennya ekstra. Tapi bedah banget pas aplikasinya yaaa? Hahahahhaa.. ngedennya kayak sebulan ga BAB, jadi puuupsnya kayak fosil dinosaurus. *uuuuuups,, maaf ya yang lagi makan*

Etapi kalau dihubungkan ama pemali no.4 itu siiiy ada benernya juga. Ataukah ada yang punya informasi seputar pemali no.4? tell me yaaaa. Jahadi trending topic di kampug halaman gw ya ituuuh PAMALI NO.4

Ini ceritaku..

Mana ceritamu?😀

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

17 thoughts on “The Pamalies

    1. Yups, masuk akal juga🙂

      Hooh, d kampung halaman gitu biasanya marak akan pemali2 seputar kehamilan,hehehehe.. Persoalan kebukti kalau ada yg kedapatan melanggar pamali tsbt,hehehehe

  1. wuahaha….sama banget sm aku raya
    bedewe ini raya yg dulu ka..udh lama bget g tegur sapa soalnya…
    udah ngelahirin aja? kapan nikahnya? heheh
    raya selamat berrti skrg jd new mom ya…aku juga nih (pamer)
    soal jgn duduk deket pintu kmren aku juga dbilang gt…tpi ya kalo soal mitos2 gtu percaya g percaya…misalnya nih kalo kita bilng “ah masak duduk dkt pintu bisa gitu” ntar pasti dibilang nya gini “liat aja ntar kalo g percaya” nah jdnya kita disumpahin..mgk sumpah itu yg bikin g susah lahirnya… wueheh😀

    1. Eleeeuh,, raya yg mana coba? Moso yang artis itu? *kibaas jilbab*😆
      Iyyyyyah setahun ga ngeblog,mbak.. jadinya banyak yg nglupain akooooh #Eaaaaa :D…

      Iihiiiiiiiiir,, eeeh,lama ga nongol si mbak berubah status juugah😀

      Iya kali yaaa? kemakan sumpah org tua bisa juga tuuuh,hahahaha..
      kepala batu siiih?😆

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s