Posted in artikel

Cantik di tanggal muda

Tiap tanggal muda, wajah kamu bersinar yaa,mah?” tanya seorang suami penasaran.

Ya iyalaaaaah bersinar, secara : 1. Gajian. 2. Dapat transferan dari dompet papah. 3. Masa ovulasi mamah” Jawab istrinya penuh kebanggaan. “Coba lihat,pah. Wajah mama mengalahkan sinar rembulan-kan kalau tanggal muda” kembali istrinya mempertegas sambil mengambil cermin sebesar gajah dan diletakkan tepat di depan suami. Bisa dipastikan sang suami langsung muntahber.

*****

100% akurat survey membuktikan bahwa masa “tamu” perempuan adalah masa paling mencerahkan bagi perempuan. Tentunya setelah melewati badai pergolakkan batin yang ditandai dengan ngamuk-ngamuk gak jelas. Senggol dikit,bacoot! dan masih banyak lagi istilah yang lebih familiar disebut masa-masa PMS alias Pra Mestruation Syndrome. Terkenal banget dong istilah itu. Istilah dimana perempuan berada pada ambang batas stadium lebay marah-marahnya. Stadium akut sensitifnya. Dan gagal diet.

Adanya progesteron –kemungkinan– mengganggu sirkulasi kimia otak, termasuk hormon pengatur mood yang disebut serotonin. Hal ini berefek pada amygdala, yaitu struktur otak yang berkaitan dengan emosi. Hasilnya adalah tiga khas emosi saat PMS terjadi, yaitu cepat marah, keterGELISAHan dan keLEBAYan yang tak terampuni. selain itu Progesteron bekerja bersama estrogen dalam menyiapkan rahim. Selama masa penyiapan rahim, usus berada dalam kondisi rileks. Hal ini mengakibatkan produksi gas meningkat hingga perut terasa seperti kembung. Perubahan ini juga memicu keinginan wanita untuk terus makan.

Tidak bisa dipungkiri, semua itu adalah kerja keras hormon tubuh memberi isyarat bahwa tamu bulanan akan segera datang. Sama halnya dengan kulit wajah. Kelihatan banget-kan? Dua minggu sebelum si tamu datang wajah tuh belepotan. Sumber minyak dimana-mana. Rambutlah, kulitlah. Saking berminyaknya muka, bisa kaliii yaaa disumbangin buat nggoreng ikan di rumah. Endingnya ketebak doong, JERAWATAN. Karena minyak-minyak tadi ditunjang dengan wajah yang kotor, pola makan tidak sehat, pola hidup berantakan sehingga sukses membentuk bunga mawar di wajah,hehehe.

****

Tetapi ada masa dimana kulit terlihat bersinar  yakni ketika memasuki masa subur. Kulit perempuan akan terlihat cantik ketika tingkat hormon estrogen berada di puncak. Ini terjadi tepat sebelum ovulasi, ketika masa subur. H-1 sebelum halangan biasanya.

Kulit akan terlihat bersinar karena terhidrasi dengan baik. Pori-porinya pun akan mengecil. Bahkan, produksi kolagen pun meningkat sehingga kondisi kulit berada dalam keadaan yang terbaik. Ini adalah minggu untuk pergi tanpa make up. Tak ada yang lebih baik dari penampilan alami.

HUBUNGANNYA SAMA TANGGAL MUDA?

Masa ovulasi si istri itu kebetulan berada pada tanggal muda. Olehnya tiap tanggal muda seperti kejatuhan rembulan. Bonus plus-plus-lah ya istilahnya. Keluar tanpa polesan adalah sesuatu yang istimewa. Maka bersyukurlah pada sang pencipta, dengan segala keajaiban Dia memberi sentuhan unik pada sisi perempuan.

 

 

 

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

18 thoughts on “Cantik di tanggal muda

  1. Dan emosinya rada gimana gitu. Tapi saya mah justru suka sih, perempuan yg lagi senewen justru memancarkan kecantikan sesungguhnya.

    1. 2 minggu sblm haid,kak yan. dan 7 hari setelahnya. iya biasanya gitu. Krn masa2 sebelum halangan itu hormon kita mengalami perubahan, jd ngaruh banget sama kulit. Utamanya wajah. jerawatan-lah kusamlah apalah apalah. tapi setelahnya, ceraaah bersinaar, biasanya H -1 sebelum haid.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s