Posted in Blablabla

Happy Long Weekend

animasi-bergerak-lucu-weekend

Bulan Mei adalah bulan yang paling dinanti. Ketebaak doong jawabannya, iyeps, tanggal merahnya buanyaak! Walau cuman 2 hari tapi situasinya itu loooh, maniiiis sekali. See,

7278476_20151217092708

tanggal 5 -6 Mei 2016 berderet tanggal merah yang terapit oleh hari sabtu dimana pada hari tersebut sudah memang free day. Ahhh, jadi ingat akhir tahun 2015 kemaren pada bulan Desember, dimana deretan tanggal merah sukses membuat cuti saya semakin semok.

Mosting geginian kelihatan pegawe yang haus tanggal merah banget ya? Hihihihi. Gimana enggak, terkadang tanggal merah nasional yang jatoh pada hari minggu dipergunakan untuk mengisi kegiatan yang berhubungan dengan kantor. Jadi dengan adanya tanggal merah berderetan kayak di atas mbikin sedikit lobang surga di dalam hati saya. Bahagia banget rasanya!

Psssst, jangan berpikir kesenangan saya ini bakal  ngetrip kemana-mana. Jawabannya enggak! Tetapi menghayalkan bakalan maen sama anak, ngerjain suami dan ngerecokin rumah mertua rasanya sudah senang sekali,hahaha. Astutiiii.. jangan berpikiran saya menantu jahat kayak di film-film india dong ah. Soalnya kalau lagi di rumah mertua, artinya menjadi waktu berharga buat pacaran ama pacar halal. bisa klenong-klenong kayak ABG gak tau diri. Teruuus Ucupyo bisa bebas maen lari-lari. Rumah mertua entah mengapa sama kayak lapangan sepak bola. Jadi ruang gerak ucupyo sangat besaaar. Beda di rumah -mertua suami- saya. Maklumlah, lahan BTN jadi ruang gerak untuk balita aktif terbatas.

Well well well snap snap snap kegiatan long weekend walaupun hanya di rumah saja, saya punya tips jitu buat kalian supaya gak bete. Tips khas emak Cupyo banget sih. Tips idealis.

  1. Matikan HandPhone

Hari gini rasanya mau gila yaa kalo gak pegang hape walo sepersekian detik. Walo udah niat di kandung badan, tetap saja bisikan syaiton merasuk hati menyebabkan hati murtad dan memerintahkan otak untuk menengok si Hape. Awalan cek siapa tau ada sms penting. Atau sms bangking tiba-tiba menyapa. Lalu paket data di aktifkan, tengak tengok WA, notifikasi fesbuk, blog eeeeeh ujung-ujungnya ngesosmed!

Udaaah deeeh, hape buang jauh-jauh. Titipin ke grapari, siapa tau ada yang niat beli dengan harga selangit. Matiin. Dan nikmati libur panjangmu. Long weekend itu untuk dinikmati,jendral!

2. Nonton film favorit

Bagi saya, kegiatan long weekend gak jauh-jauh amat dari nonton film. Paling asyik nontonnya bareng keluarga. Yang paling asyik lagi nontonya di rumah sambil ngemil coto makassar *nahlooo*. Bagi yang punya balita lincah, kegiatan nonton bareng pasangan adalah hal paling mengganggu *maaphkeunmamakmunak* . Baru mau khusyuk nonton, eeeh tiba-tiba si bocah udah nangkring di atas kursi furniture. Kakinya ajah belom nyampe. Iya kalau duduk manis, kalau setelahnya jatoh terjun bebas cium tanah air, paaan berabe urusannya. Jadi sebisa mungin, aktifkan kegitan si balita. Buat dia kecapean daaaan nikmati tontananmu.

3. HangOut + Wisata kuliner + Gratisan

Pelisiran yang bisa menghangatkan suasana. Pelisiran ke mol jelas gak masuk hitungan. Sebisa mungkin, pelisiran yang tidak mengeluarkan budget *emakpengiritan*. Hare gini ga ngeluarin budget? bulshit banget!

Oh tenang, mama Cupyo punya win-win solution. Datangilah nenek dari anak-anakmu. Ajak ikut serta pelisiran. Bisiki anakmu kalimat cerdas “NENEK, SAYA LAPAR” atau “NENEK SAYA MAU BERENANG”. Ga nunggu waktu lama, keinginanmu yang terucap lewat anak akan segera terwujud! what is not possible. Walopun demikian pemilihan tempat makan yang sehat dan higienis doong pastinya.

4. Outbond

Biasanya kegiatan lapangan gini bikin otak jadi fresh dan ketika memasuki hari kerja, moodmu akan stabil dan mulai berperang melawan drama di tempat kerja. Contoh : kunjungilah taman bermain yang mengasah ketangkasan anak. Bermain bersama anak istilah kerennya. Tapi suasanya outdoor. Di alam terbuka. Ajari anak mengenal ciptaanNya yang ada di sekitar kita.

Contoh kecil dengan menanamkan nilai pentingnya “pohon” dalam hidup kita, sedikit memberi rangsangan ke otak dan hatinya bahwa manusia bisa kering keronta tanpa adanya pohon. Manusia bisa mati sesak napas karena kekurangan oksigen yang sumber utamanya berasal dari tanaman hijau bernama pohon.

5. Perhatikan menu makan

Liburan bukan berarti bebas makan apapun dalam porsi besar. Salah-salah ketika kembali beraktivitas  yang ada badan kita jadi makin bohaay karena kenaikan berat badan. Konsumsilah makanan sehat seperti biasa, kurangi makanan berlemak dan manis. Camilan juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan terutama yang bersifat instan karena mengandung bahan pengawet dan pewarna yang cukup berbahaya.

Akan lebih baik jika memasak sendiri menu makanan sehat. Nah, skalian mengasah skill chef yang ada dalam diri kita. Lumayanlaah kalau hasilnya oke, bisa membuat diri tetap produktif disaat pensiun kelak.

*****

Demikianlah tips klise ala mama Cupyo. Selamat berlibur panjang. Semoga liburan kita menyenangkan.

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

6 thoughts on “Happy Long Weekend

  1. mantu cerdas bin kurang ajar banget yaa… anak dimanja2 neneknya, si mantu ajarin anaknya kalau lapar langsung bilang neneknya. Si mak malah asyik nonton drama korea di kamar… *plaaaakkksssss….
    😛

    1. Astuti itu plesetan dari astaga sih sebenarnya. banyak yg ngomong “astaga naga” nah sy makenya astuti => astaga tuhan, tiiiiiidak!

      semacam gitu konteks “astuti” say,hehehhe

        1. bisa ajah dirimuh,hehehe.. Iya bisa banget, tapi kalau ditanya sumbernya, pliiis jangan di link-in ke blog ini ya,ntar sy kdi demo sm org2 yg punya nama astuti😀

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s