Posted in artikel

Mesjidku Rumahku

Assalamu alaykum gaeees *wiiitzanakgeholmodeon*

Memasuki ke 14 ramadhan 1437 H gak kerasa sekitaran 2 minggu lagi Lebaran Idul Fitri yang artinya menuju kemenangan. Dan sekitaran semingguan lagi menanti cairnya gaji XIV THR para kuli negara yang namanya tercatut dalam negara sebagai abdi negara. Yeyeyelalalala dan beberapa malam menantikan malam terbaik diantara seluruh malam “LAILATULQADR”. Sungguh bulan yang penuh kemuliaan.

Singkat kata singkat cerita seorang bapak –sebenarnya siih udah kategori tua tapi doi ga nrimo dan gak rela dibilangi tua– gehol pengurus mesjid mengiming-imingi gw dengan hadiah malam lailatul qadr jika gw dengan ikhlas mau foto-foto benda mati yang dipakai umat muslim beribadah sebagai acuan lomba pada hari ke 17 ramadhan. Dipikirnya gw anak kecil apa? hahaha. Sekalian ajah beliin segalon es cendol buat buka puasa.

Bukan tanggal 17 agustus ajah yang ada perlombaan, 17 ramadhan-pun ada perlombaan mesjid terkece se-kota Kendari yang mempunyai hadiah gak maen-maen gaes. Gratis backpekeran ke rumah Allah-kampung halaman nabi kita di Tanah Suci Mekkah. Ralat! bukan mesjid se-kota Kendari ding, tapi mesjid BTN/Kompleks se-Kota Kendari.

Visi misi-nya mulia, agar bagaimana umat islam yang berada di BTN mau bersama-sama membangun-memelihara dan memperindah mesjid sebagai tempat ibadah kaum muslim. Supaya kalau tarawih-an atau ibadah solat 5 kali itu datangnya dari hati dan nyaman. Juga mengupayakan agar generasi mudanya mencintai dan memuliakan mesjid. Gimana umat muslim bisa maju pesat kalau generasi muda-nya lebih suka bekpekeran ke gunung ketimbang ke masjid?

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. [At-Taubah 9 : 18]

وَإِذَا أَرَدْنَا أَنْ نُهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. [Al-Israa` 17:16]

****

Jadilah mama muda anak baru satu tertantang untuk –mendapatkan es cendol segalon– menjadi fotografer dadakan dalam lomba 17 ramadhan beberapa hari lagi. Juga sebagai –yang katanya muda– generasi muda pecinta mesjid.

13268001_974914135948982_7156874965458518181_o
Ikon Mesjid BTN tempat gw tinggal

Masih dalam proses perampungan. Mesjid ini dibangun dengan swadaya masyarakat sekitar yang menginginkan rumah ibadah elok-asri dipandang mata. Juga mendapatkan kekhusukkan ketika sujud bermunajat kepadaNya.

Baca : Mesjid Penuh Kenangan 

Pada tahun 1993 – 1994  mesjid ini bangunan awalnya seperti ini.

jadul-mesjid

Lalu pada tahun 2008 mulai bermetamorfosis dengan menggugah masyarakat sekitar agar bergotong royong menjadi insan yang akan mendapat surgaNya dengan bersama-sama memakmurkan mesjid

photo-7
subuh

 

Dan kini 2016 direnovasi agar masyarakat :

  1. SELALU MERASA RINDU KEPADA MASJID

Rasa rindu biasanya datang ketika hati kita telah terpaut dan terikat oleh sesuatu yang namanya CINTA. Begitupun dengan rindu terhadap mesjid.

Bilamana seseorang telah memiliki ikatan hati yang begitu kuat dengan masjid, maka dia akan menjadi salah satu kelompok orang yang kelak akan dinaungi oleh Allah di akhirat, seperti sabda Rasulullah Saw yang artinya:

Ada tujuh golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah: Seseorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

2. RAJIN MENDATANGI MESJID

Selain digunakan untuk sholat berjamaah, mesjid difungsikan untuk kegiatan bernuansa agamis. Seperti majelis ta’lim bagi ibu-ibu kompleks. Belajar ngaji bagi anak-anak. Juga (yang ini jarang siih) funding soulmate di Mesjid. Percaya gak percaya, perempuan lebih terpana pada sosok pemuda yang senantiasa merindukan mesjid *basedontruestorycyin* ketimbang yang merindukan gunung dan samudra *halah*. Tapi melihat fenomena sekarang ini sudah jarang ada perempuan yang motto hidupnya seperti itu.

Nah dengan adanya kegiatan tersebut, jadinya semakin rajin mendatangi mesjid dan tentunya memuliakan mesjid. Tidak jarang ibu-ibu kompleks menggerakkan para bapak-bapak tiap 2 minggu sekali acara makan-makan yang sebelumnya dipakai untuk membersihkan mesjid.

3. MENGHORMATI MESJID

Ada banyak hal yang kita tunjukkan sebagai bentuk penghormatan kepada Mesjid. Diantaranya solat Tahiyyatul Mesjid, tidak menyalahgunakan mesjid, contohnya sebagai tempat perkumpulan untuk mencacimaki, menfitnah apalagi pesta miras. membersihkan dan menjaga masjid. Kecintaan kita terhadap masjid juga harus kita tunjukan dengan cara menjaga masjid agar selalu terpelihara fungsi dan kegunaanya.

dan masih banyak lagi tentunya.

13268562_974914029282326_1077971864188244313_o
Tampak samping
13235137_974906389283090_5114714276234232459_o
Diambil dari Lt.2 rumah sang fotografer kece😛

 

Nah, gambar di atas adalah isi dalam dari mesjid ini.

Mohon dibantu Doa ya agar mesjid kami menang dan banyak membawa perubahan untuk masyarakat sekitarnya. Ga usah lihat hadiahnya deh tapi bagaimana advokasi yang sasaran tembaknya adalah generasi muda yang mencintai mesjid.

1-tema-tolong-menolong-23102014-2-638

13415415_988022531304809_7191506760235424307_o
Tim Fotografi Dadakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

21 thoughts on “Mesjidku Rumahku

  1. Satu lagi Ray…. jangan usirin anak2 yg ribut pas shalat di mesjid,… anak2 itu ntar yang bakal ngeramein mesjid, hehehe

    Itu tempat khutbahnya ditinggin yakkk

    ——————————-
    gue juga ada dong posting tentang mesjid beberapa hari yang lalu….😛

    1. Oh iyaaaaa.. itulaaah jd inget,kebetulan pulaaa aku d suruh jd fotograferny mesjid ini. Tp mbak kan bbrp mesjit tooh.

      Bener banget anak2 ga dirisihin. Namanya anak2 mereka belajar. Yg jd masalah klo anak balita lari dan nangis d mesjid. Org tuany yg d tegor.

        1. Hooh mbak. Terkadang masih khusyuk solat si anak histeris teriak2. Klo d lt.1 sih g masalah. Tp klo d lt.2 hiiii serem amat kalo anak melompat terjun bebas ke lt.1
          Olehny pengurus mesjid suka mewanti-wanti agar ibu yg bawa anak khusis d lt.1. Dan kalau anaknya rese’ langsung kena tegor panitia.

          1. Kalau di lantai 2 guling2an ke bawah? astagfirullah ya…

            Tapi kadang kita, para jemaah suka aneh ya… ada anak kecil yang 2 tahunan yang melintas pas lagi shalat tp ngga ribut, karna dia imut lucu, kitanya malah senang2aja liat dia pas udah salam…hahaha

  2. Wiih.. masjidnya keren, sudah mulai tampak megah. Semoga ramai jamaahnya, baik dari kalangan tua maupun yang muda.
    Usul nih… untuk membuat semangat generasi mudanya datang ke sana, beri kesempatan pada yang muda-muda menyampaikan tausiyah di masjid selepas Maghrib / Isya. Jadi, gak hanya ustadz saja yang mengisi tausiyah.

    1. Betul, nnti saya sampaikan sarannya ke ketua pengurus mesjid ya🙂. Dan biasanya yang ngasih saran justru yg d suruh jadi pembuka atas saran tersebut,hehehe. Artinyaaa saya dooong jd awalannya? wooooa😀..

      Amin, semoga jamaahnya ramai. Jd visi misi pembangunan mesjid suksees🙂

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s