Posted in Makyus

Pekan Asi Sedunia, Yuks Jadi Pejuang Asi

Bagi saya, menyusui adalah prosesi sakral yang dilewati setiap Ibu setelah melahirkan. Memberikan kehidupan pertama pada bayi lewat sentuhan kulit yang dipercaya akan mendatangkan efek positif bagi bayi dan ibunya. Ribuan artikel menampilkan manfaat dari pemberian asi, dampak positif serta efek psikologis anak yang mengecap Asi. Namun untuk memberi ASI tidak segampang membolak-balikkan telapak tangan. Banyak tantangan dan rintangan.

Allah SWT menciptakan kelenjar mamae  pada wanita tentu ada manfaatnya, dan saya sepertinya ga usah membahas lebih lanjut mengenai struktur-anatomi fisiologi kelenjar tersebut, ya pemirsaaah. Bersyukurlah wahai wanita yang sukses mencerdaskan anak melalui aliran ASI dari mamae-nya. Karena tidak semua wanita bisa mendapatkan hadiah luar biasa tersebut.

Saya Bukan Anak Asi

Berdasarkan kisah nyata nyokap, saya bukanlah tergolong anak beruntung yang mengisap kelenjar mammae saat terlahir di dunia ini,hiiiks. Kondisi psikologis nyokap yang sedang labil membuat Asi-nya seret dan sama sekali tidak memproduksi dengan baik. Kering kolam susu, pemirsah. Dan saya jadi anak sapi sampai 6 bulan. Iya sampai 6 bulan doang karena saya alergi susu sapi.

Banyak yang bilang kalau anak sapi itu gak akan secemerlang anak Asi. Baik otak ataupun psikis. Ah, teori. Makin kesini sifat dan tabiat saya positif manusia, bukan kayak sapi, ngooooooooook. Terus katanya kalau anak sapi ga akrab dan intens sama ibunya. Masa sih? Dalam bersaudara justru saya yang paling deket secara psikologiiiis sama nyokap.

Intinya mah, lingkungan yang membentuk kepribadian anak. Sesuai pepatah jika kita temenan sama pembuat parfum, pasti kecipratan wanginya. Tapi kalau temenan sama pembuat besi, pasti kecipratan apinya. Bener ga sih pepatah tersebut? Jikalau keliru, mohon diluruskan.

Lalu apa hubungannya sama pejuang asi?

waba2016

 

Deklarasi Innocenti yang dibuat di Florence, Italia pada tahun 1990 menyepakati bahwa setiap awal pekan Agustus (tanggal 1-7 Agustus) dijadikan sebagai Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) yang bertujuan mengingatkan seluruh masyarakat di dunia akan pentingnya Air Susu Ibu bagi bayi.

Bercermin pada kenyataan hidup bahwa saya bukan anak asi, maka anak-anak saya harus ASI! Selain manfaat luar biasa untuk tumbuh kembangnya, juga demi kesehatan kelenjar mamae saya. Karena di Indonesia tingkat kematian akibat kanker payudara lumayan signifikan dan mencengangkan! 12,9%.

capture-20160804-103104

Faktor penyebabnya bisa eksternal dan internal. Olehnya mengapa saya keukeh wajib memberi Asi terhadap anak, ya salah satunya karena takut akan penyakit tersebut. Sewaktu hamil, timbul benjolan keras di sekitar mamae saya, diagnosa dokter adalah kelenjar mamae yang akan mencair jika saya sudah melahirkan.

Drama Menyusui

Seperti yang saya katakan pada paragraf sebelumnya bahwa prosesi menyusui itu gampang-gampang susah. Gak kayak keran air, diputer ngocooor deh airnya. Dalam prosesi sakral ini si ibu harus mendapatkan hati yang baik, i mean moodnya dalam keadaan baik. Gak kecewa atauwa lagi marah-marah. Kondisi rileks. Santaaaai kayak di pantai dan sloooow kayak di pulau. Kudu menciptakan rangsangan biar kelenjar mamaenya ngocor kayak keran air.

Dan sayapun mengalaminya, pemirsaah. Pernah disuatu ketika kelenjar mamae saya bengkak karena Asi gak keluar. Ucupyo menjerit-jerit kelaparan plus kehausan. Saat itu Cupyo usia 3 bulan kalau gak salah inget. Setres dong mama muda!

Segala macam tehnik saya lakukan, mulai merilekskan pikiran, gak kehasut ama jeritan ucup. Fokus. Tetap ga mau keluar asinya. Saat itu saya sedang setres siih emang, gegara belanja online yang gak kunjung datang barangnya! hahahha

Setelah puter filem korea dan terbawa suasana ama filmnya tanpa relaksasi dan rangsangan Asinya keluar begitu saja. Ckckckckk.

DSC00370.JPG

Belum lagi saat ngantor, mesti pumping karena mammae membengkak. Atau buat bekal Ucupyo selama di rumah dan dalam pengasuhan kakeknya. Mood harus tetap stabil dan terjaga. Kebayang dooong tiap pumping mesti nonton filem korea? Ga peduli sesibuk apapun kerjaan saya.

Bos saya? Alhamdulillah memaklumi! Yang gak dimaklumi itu nonton film koreanya! xixixixixii:D

Booster Asi

Ucupyo tergolong anak yang kuat ngeAsi. Kalau kata orang sih emang gitu kalau anak laki-laki kuat ngisep Asi. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu menyusui ga cuman makan nasi-sayur-ikan 3x sehari. Karena bayi-kan otomatis ngambil nutrisi dari ibunya. Dan kalau ibunya ga cukup nutrisi untuk kondisi kesehatannya, bisa jatuh sakit. Yang paling sering kena sakit kepala karena rendah HB (Hemoglobin).

Berikut booster asi ala Ibu Raya

1. Susu Mama Soya 

1738789_e9610fa7-1f0c-43be-80b9-5938a8208baf

Sebagai minuman yang bersifat ASI Booster (pelancar ASI), Susu ini Juara! Berikut khasiatnya :

  • Kedelai, mengatasi intoleransi laktosa, minuman bagi penderita autisme, minuman nabari sarat gizi, mengurangi kadar kolesterol darah. Mencegah arteriosklerosis, hipertensi, jantung korener, dan stroke. Mencegah diabetes melitus, menghambat menopause dan mencegah osteoporosis, migrain, minuman anti kanker, antiaging, antioksidan.
  • Daun Katuk, secara tradisional digunakan untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI), membantu penyembuhkan borok, bisul, sembelit, demam, flu dan darah kotor. Mencegah osteoporosis, anemia, menurunkan lemak/kolesterol. Daun katuk kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, mineral kalsium yang sangat penting dalam berbagai proses metabolisme tubuh.
  • Beepollen, meningkatkan IQ, mencegah serangan kanker, impotent, menoupouse, ketidaksuburan. membantu penyembuhan arthritis, diabetes, tekanan darah tinggi, anemia, asma, penyakit tukak lanbung, gangguan prostat, vericose veins. Menguatkan pembuluh kapiler yang lemah, sebagai nutrisi diet, vitamin dan mineral bagi ibu hamil, ibu menyusui, balita dan anak-anak.Dll.
  • Habbatussauda, menguatkan sistem kekebalan tubuh, daya ingat, konsentrasi, bioaktivitas hormon. Menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stress, memperbaiki saluran pencernaan, anti bakteri. Melancarkan ASI, suplemen ibu hamil dan balita. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan. Nutrisi bagi lansia, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi alergi, neuradermitis dan asma.
  • Fenugreek, merangsang/menstabilkan hormon dan libido pria dan wanita, meningkatkan stamina, mengatasi masalah kesuburan, nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, mengurangi rasa sakit & pelancar haid, menguatkan jantung, ginjal dan paru-paru. Mencegah/mengobati asma, TBC, radang tenggorokan, stress, diabetes, asam urat, kanker usus, kolesterol, radang kulit, antiinflamasi, bisul, masalah menopouse, masalah pencernaan, nafsu makan, resiko kanker dll.
  • Sari Kurma, merupakan makanan dan minuman terbaik untuk ibu hamil dan pasca melahirkan juga ibu menyusui serta menstabilkan kembali darah dan nutrisi yang sempurna untuk bayi melalui asi ibu yang mengkomsumsi sari kurma. Mengobati animea, lesu dan letih, yang tentunya sangat dihindari bagi ibu yang sedang menyusui. Menambah berat badan anak melalui asi alami, meningkatkan vitalitas ini penting untuk ibu menyusui agar tetap fit, dll

Dari kandungan di atas jelas-kan khasiatnya!

=> Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

=> Meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI

=> Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

=> Meningkatkan metabolisme tubuh

2. Asifit

116952_fcdeab8c-4372-11e4-987b-dac64908a8c2

Sama halnya dengan Susu Mama Soya, Asifit itu semacam obat kapsul pelancar Asi. Khasiatnya 11-12 sih. Saya minum asifit kalau lagi malas minum susu. Cuman buka mulut, masukan obat,haap. Selesai.

3. Kacang Hijau

gambar-kacang-hijau

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwasanya kaacang hijau jenis biji-bijian yang kaya manfaat. Seperti protein nabati. Tiamin atau vitamin B1 yang mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

Bila kekurangan tiamin mamamuda jadi mudah tersinggung, sulit konsentrasi dan kurang bersemangat. Mood yang baik akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

Olehnya mengapa anak-anak sangat bagus dicekoki kacang hijau dengan menginovasi menu menjadi bubur kacang ijo. Selain enak dan muraaaaah juga mencegah dari keganasan karena mood yang tidak bagus. Anak Indonesia banyakkan sering baper apa karena kekurangan tiamin kali ya?

4. Jantung Pisang.

jantung

Ini resep warisan leluhur saya,pemirsah. Saya juga taunya pas habis bersalin. Adalah jantung pisang yang diiris tipis-tipis dimasak kuah tanpa rempah-rempah dicampurkan kacang hijau-daun katuk-daun kelor. Surgaaaaa! Asi melimpaaah ruaaaah.

Kalau kata nenek saya, jantung pisang ini sangat bagus untuk buiwbuwk muda yang ingin mempertahankan ke-elastis-an kulitnya karena :

-> mampu melakukan perbaikan beberapa sel karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

-> Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.

-> Jantung pisang dapat melancarkan pencernaan karena mengandung fiber yang tinggi.

-> Salah satu manfaat dari jantung pisang adalah mampu menurunkan berat badan, sehingga dapat membuat tubuh lebih ramping seperti idaman para kaum wanita. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi yang mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama dan kandungan lemak yang sedikit sekitar 0,3 gram/25 gram jantung pisang

Pantesaaan ya nenek-nenek kita itu kalau habis bersalin malah makin syantik dan cetar! Secara perawatan makanan mereka, aduhaaaai cucco ya booowk.

*****

Menjadi pejuang Asi bukan hanya modal niat saja, tetapi dibarengi dengan usaha dan doa untuk terwujudnya cita-cita yang tertera dalam al-qur’an tentang anjuran menyusui selama 2 tahun.

Apakah Ucupyo sudah lulus Asi 2 tahun?

Mohon doanya yaa, insyaallah bulan ini mau gak mau, suka gak suka harus TAMAT ngeAsi! Harus tega! Harus rela!

 

Foto-foto diambil dari rumah mbah googel

Penulis:

Nyonya Fid Aksara | Emaknya Yusuf | Gawe FKM UHO | RockenRoll Mommy | Find me at : waode.raya@gmail.com

14 thoughts on “Pekan Asi Sedunia, Yuks Jadi Pejuang Asi

  1. Biasanya klo pas namatin trus lanjut dg susu formula (susu sapi/susu soya) anaknya g susah bngt ngelupain asinya…trus ibunya jg jd lbih enak liatnya…pengalamanku pas jd baby sitter sih bgtu…😅

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s