Nanda Yusuf · Rafid Family

[Drama] Ketika Ucupyo Ikutan Ngantor

Benar adanya jika anak ibarat perhiasan kehidupan dunia. Ketika mereka (anak) dirawat dengan baik, maka perhiasan (anak) akan bersinar elok dipandang mata. Merawat perhiasan kehidupan dunia tidak segampang merawat perhiasan (benda mati) pada umumnya yang sekali dipoles,kinclong! Perhiasan yang Allah SWT titipkan kepada kami tentunya dirawat dengan kedalaman hati nurani. Dengan kesabaran mengajarkan arti kehidupan juga keikhlasan untuk sedikit mengubah gendre hidup kita. Sehingga anak kita  menjadi perhiasan yang sangat berharga.

Sebagaimana Allah jelaskan dalam surat Al-Kahfi ayat 46, yang artinya :

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.”

****

Anak adalah

imagesAnugrah, jauh sebelum kelahirannya

imagesBerita gembira

imagesTitipan Allah SWT

imagesHiburan

imagesHarapan

imagesNaungan

images“Syafaat” bagi orang tuanya dialam kubur, di hari kiamat, di yaumul mahsyar, di titian hingga ke pintu surga.

Gw sangat terpukul dengan artikel yang bunyinya kayak gini :

Oleh karena itu, jangan sampai mendidik anak anak hanya dengan menggunakan waktu dan tenaga sisa yang kita miliki, sisa dari kantor, sisa dari acara arisan, dan sisa sisa yang lainnya. Kita harus menanam saham pada anak supaya  menjadi anak saleh.

Pukulan telak! bagaimana tidak? kalau gw ada waktu untuk Ucupyo tepat setelah selesai pekerjaan kantor. Sisa dari kantor yang kebayang dong ya batrei tenaga sisa 30%. Dimana Ucupyo inginnya bermain, diajak cerita, mengeksplore rasa ingin tahunya dan GW MERASA BERSALAH menyia-nyiakan hadiah yang Allah SWT berikan.

Okelah ya, di rumah Ucupyo dijagain sama kakek-neneknya sehingga gw bisa full time jadi kuli negara dari jam 8 sampai jam 5 sore. Begitu kembali ke rumah peran gw full time mommy. Namun, seperti ada ganjalan berat di hati. Kalau tua nanti misal Ucupyo sibuk dan gw sudah terlalu renta untuk menjalani hidup dan gw dititipin kemaaaanaa gitu ya? Selepas pulang kantor gw dijemput lagi, hiiiiiii naudzubillahimindzalik.

*sambilketokketokbumi*.

17436204_1236004586506601_8241105292341117982_o

Olehnya gw menjalani drama baru. Dimana Ucupyo gw ajak ikut ke kantor sampai jam istirahat. Terkadang sampai jam kantor selesai. Untuk menebus rasa bersalah gw karena Amanah Allah SWT gw didik dengan menggunakan waktu sisa dari kantor. Jangan pernah tanyakan bagaimana kehidupannya di kantor. Ia sangat menikmati hingga entah mengapa kantor yang digunakan sebagai ruang administrasi wajib menjadi ruang bermain dan bioskop mini buatnya.

Meja Kerja Mama Raya diembargo

Ucupyo makan apa di kantor?

Gw bawain bekal. Lageee, Cupyo ga suka makan bakso, makan emiiii, atau gado-gado. Doi lebih doyan disodorin ikan masak sama nasi tokh! Jahadi sedari pagi, mama incess mulailah kemasukan spirit chef membuatkan bekal untuk sang buah hati di kantor.

Ceritanya di kantor, Cupyo punya teman cewek namanya Qiora. Anak bendahara gw. Yang lahirnya beda 3 hari sama Cupyo. Emaknya Qiora jauh lebih handal dibidang perbekalan untuk anaknya ketimbang gw *sedih*. Dalam tas ranselnya tersedia makanan berat – biskuit – dan cemilan buah yang kesemuanya sukses disantap lahap sama Ucupyo.

Karena Qiora nafsu makannya tak sebesar Ucup, palingan 3 suap doang, kelaaar! jadi emaknya Qiora paling antusias nyuapin Qiora dan Ucup dan ketebak dooong, perbekalan Qiora tandas di dalam lambung Ucup! wkwkwkwkwkk *anakmamaincess*

Ucupyo tidurnya gimana?

I dunno why, yang jelasnya doi tuh ga pernah tidur kalau di kantor. Kakinya stress kalau tidak melangkah entah kemana. Jiwanya terkungkung kalau cuman nonton yutub doang. Setelah menyelesaikan kerjaan kantor dan gw ngerjainnya dengan tenaga kuda di medan perang, Ucupyo minta jatah maen. Oke, gw biarin dia maen sama Qiora. Nonton yutub bareng.

17349759_1236029049837488_4072481302855924342_o

Kalau udah bosen, ngutak-atik dispenser. Mencari tau air dispenser tuh asal muasalnya dari mana? Kenapa bisa sekali tekan airnya keluar dan lain-lain.

otak-atik dispenser

Atau kalau gak, doi bongkar-bongkar lemari besi. Heran ajah, kok lemari isinya piring dan sendok? sementara lemari di sebelah sono isinya tumpukan kertas.

Bongkar lemari
Bongkar lemari yang isinya dunia pecah belah

Itu belum seberapa, kalau kerjaan gw lagi kosong, biasanya Cupyo gw bawa lelarian di lapangan olahraga kampus yang luasnya kurang lebih loooh ini ya, 1 ha. Ketika dia lari dan lo ga ngejar/lari-larian juga, yakinlah, Cupyo akan mencari jalan lain biar bisa lariin lo dari kenyataan *halah*

maen dilapangan

sehingga kalau di jam 3.00 PM ada MAMAK muda lari-lari ditengah lapangan bersama anak kecil yang rambutnya iwil, yakinlah mereka tidak sedang olahraga menurunkan lemak, melainkan saling kejar dan saling menangkap agar si kecil tidak hilang dari radar emaknya.

Kalau udah dilapangan beralaskan rumput hijau, beratapkan langit biru dengan pencahayaan alami sinar matahari, ucupyo enggan diajak kembali ke peraduan. Jangankan kembali, menolehpun ogah! wkwkwkwkwk. Jadinya gw mesti olahraga fisik-minum susu plus suplemen di rumah sebelum membawa Cupyo terbang ke lapangan. Tau dooong, kekuatan batita usia 2 tahun VS MAMAKincess 29 tahun. Kalaaaah jaoooh,jendral!

Gw biarin ia berekpresi, selagi tidak mengganggu kerjaan gw dan tentunya gak ngerecokin kerjaan teman ruangan gw. Dunia kantor mama, milik Ucup sepenuhnya. Bergembiralah,nak. Nikmatilah! Karena jika tim pemeriksa pusat memasuki kantor mama, atau kalau mama harus Dinas luar, dengan berat hati Ucup kembali ke pelukan kakek-nenek.

Yang gw yakini

  1. Anak-anakmu bukan pilihanmu, mereka menjadi anak-anakmu bukan pula karena keinginan mereka melainkan karena takdir Allah.
  2. karena apa yang Allah takdirkan untukmu, maka itu adalah AMANAH yang harus ditunaikan.
  3. Orang tualah yang ingin memiliki anak dan keinginanmu adalah janjimu kepada Allah dan Allah minta pertanggung jawabanmu.
  4. Allah tidak membebanimu melampaui kemampuanmu, maka bersungguh-sungguhlah.

Berdasar dari itulah gw merasa “ah iya yaaa” waktu awal nikah dulu kan gw menggebu-gebu bikin anak, sampe mengalami kuretase pada kehamilan pertama. Dan lalu Allah memberi amanah lagi dan amanahNya gw titipin ke neneknya? Aduuuh. Berasa giimaanaa gitu ya?

Sebagai usaha pembelaan, gw ga punya pilihan lain. karena tugas gw dikantor bukan hanya sekedar ngupi dan ngerumpi. Kerjaan -yang menurut gw- merupakan jantungnya Unit yang gw ada di dalamnya. Juga dimana Ucupyo di usianya 2 tahun 6 bulan yang sangat aktif-aktif dan aktif membuat gw sama sekali ga bisa kerja full konsentrasi kalau sambil mengasuhnya di Kantor.

17498472_1235990973174629_1266308971242563145_n

Gw lagi asyik kerja, ngetak-ngetik di kompie, eh dia udah ada nangkring di atas meja bendahara gw. Iya, kalau bendahara gw ada, mungkin bisa teriak sebagai alarm kalau Ucupyo sedang dalam bahaya, tapi kalau dia sendiri doang? Dan anak gw tipe anak yang MY LIFE MY ADVENTURE. Jadi dirasa ada tantangan dengan memanjat kursi-meja, maka endingnya adalah lompat dari atas meja-kursi tanpa memperhitungkan resiko apa yang akan dia terima.

17435933_1235935863180140_6926087312433816986_o

Olehnya, kalau kerjaan gw lagi banyak-banyaknya, sambil kerja Ucupyo gw gendong! Atau gw ikat badannya lengket maksimal ke badan gw, biar gak gentayangan menyebabkan bahaya untuk dirinya sendiri.




BNI UCUPIni cerita lain disaat gw mesti bertransaksi dengan pihak bank. Gw ga bisa kalau cuman berdua sama Cupyo. Bahaya! Bisa jadi saat gw sibuk dengan tellernya, eh anak gw lari entah kemana! wkwkwkwkwk. jadinya sebagai tindakan preventif, gw ngasih amanah ke pak satpam untuk selalu mantauin gerak-gerik Ucupyo.

Biasa pula gw ajak tetangga ruangan untuk sekedar menemani gw ke bank. Sekalian cuci mata, kali ajah dapet jodoh! hahahhaa

Ucu BNI

Namanya onti Sari, yang suka ngerjain Ucupyo dengan menayakan siapa teller paling ganteng,halaaaah. Yang bikin malu, ntar tellernya disangkanya gw yang ngajarin dan KEGANJENAN!huwahahahaha. Pppssssst, ini rahasia raksasa, kalau babehnya Ucupyo tau anaknya dijailin gini, gw-laaaah jadi korban kuliah 7 menitnya,xixixixii 😀

*****

Pulang naik angkot

Ketika pulang dan babehnya Cupyo ga bisa nganterin, kami memilih menikmati perjalanan dengan naik angkot. Bertemu wajah-wajah baru. Dan tentunya mengajarkan Cupyo sosialisasi. Modal babeh Cupyo nganterin kita nunggu angkot dan memotret Plat Angkot. Jadi kalau anak-istrinya belom nyampe di rumah, bisa segera di laporin ke dukun sakti mandra guna-guna *loooh?

***

Tenaga yang orangtua keluarkan untuk mendidik anak bukanlah tenaga sia sia. Yang dilakukan orangtua itu adalah sebuah investasi. Orangtua perlu selalu melihat bahwa keturunan kita adalah bagian dari keselamatan dunia dan akhirat kita.Oleh karena itu, jangan pernah memberikan sisa yang kita miliki kepada mereka.

Yang paling gw imani, ALLAH TIDAK AKAN MENITIPKAN UCUPYO KE GW, KALAU ALLAH MERASA GW GAK MAMPU JADI EMAKNYA. Olehnya gw juga sangat menikmati drama Ucupyo ketika ikutan ngantor,hahahaha. Ketahuilah nak, mamakmu ini bukan MAMAK BIASA!


Drama lainnya ketika Ucupyo berusia 9 bulan bisa diintip disini :).

Iklan

8 tanggapan untuk “[Drama] Ketika Ucupyo Ikutan Ngantor

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s