Film & Drama

[Review]K-Drama Radiant Office, Story About The Reality At The Office

K-Drama-3

Di antara drama yang berlatar kantoran seperti “Go Ho Starry Night, Introverted Boss dan lainnya, drama “Radiant Office” hampir mendekati kenyataan dalam hidup –kebanyakan orang yang merasakan gregetnya dunia kantor– sehingga menarik perhatian penonton yang salah satunya adalah yang tulisannya sedang kalian plototin ini. Ceritanya realistis skaalee. Terasa nyata menarasikan kehidupan dunia kerja yang sesungguhnya. Walaupun tidak semua dunia kerja seperti lagu peterpan (baca : kaki dikepala kepala di kaki) sih.

Drama yang mengawali perjalanannya dengan rating penonton sebesar 3,8% saja. Bahkan menempati urutan terbawah top Pos Populer yang biasa gw tempati donlot drama Korea. Rilis pada tanggal 29 Maret 2017 bergendre kantoran, komedi-romantis dan berjumlah 16 episode.

capture-20170417-103350

Detail K-Drama Radiant Office :

  • Judul : Radiant Office
  • Judul lokal : Jachebalgwang Opiseu
  • Hangul : 자체발광 오피스
  • Sutradara : Jung Ji In
  • Penulis naskah : Jung Hwe Hyun
  • Channel : MBC
  • Episode : 16
  • Jadwal tayang : Maret 2017
  • Hari : Rabu & Kamis, pk 22:00

cats

PLOT CERITA

Drama ini bercerita tentang kehidupan kerja yang berpusat pada tiga orang yang jobless saat mereka diterima di perusahaan besar.

UGD

Eun Ho Woon yang selalu ditolak ketika melamar pekerjaan. Sudah 100 kali melamar pekerjaan di perusahaan besar dan semuanya gagal. Dia memutuskan untuk bunuh diri dengan melompat ke sungai Han, namun ia masih selamat dan dilarikan ke unit gawat darurat.

Ho Won tidak sendiri yang bernasip sama di ruang Gawat Darurat. Ada pula Do Ki Taek yang berkali-kali mencoba tes ujian PNS dan gagal. Sehingga kekasihnya memutuskan hubungan dengannya karena belum mendapatkan pekerjaan. Karena cinta bukan hanya persoalan “I love you”, demikian menurut kekasihnya. Ki Taek begitu hancur dan ingin mengakhiri hidupnnya.

Ada pula Kang Ho yang cerdas, lulusan luar negri namun tidak memiliki kemampuan komunikasi verbal yang baik. Akibatnya ia selalu gagal setiap tes wawancara. Ibunya terus saja memberikan tekanan untuk bekerja di perusahaan besar yang membuat Kang Ho semakin “merasa diremehkan” oleh ibunya.

Dsinilah kisah mereka. Konflik Radiant Office bercerita tentang kesulitan yang terus menimpa 3 orang yang mendadak bersahabat setelah accident Unit Gawat Darurat akibat kompakan punya niat bunuh diri namun tidak di ACC tuhan dan nyatanya dengan kejadian tersebut, mereka diterima sebagai pegawai kontrak dalam perusahaan besar.

3 sahabat takdir mempertemukan mereka kembali

Namun, menjadi pegawai kontrak ataupun pegawai yang baru masuk kerja kerap disusahkan oleh seniornya. Semacam ospek gitu kali ya untuk mendeskripsikan kejadian di kantor Hauline tempat mereka magang. Realita banget bukan sih? Konfliknya tidak lebay yang membuat drama ini sangat menyenangkan untuk dinikmati.

Cara setiap tokoh menghadapi masalah membuat peran mereka natural. Tidak dipaksakan. Berasa peran mereka itu bukan kayak lagi maen drama dengan bayaran besar.

Karakter Pemain

2-backgrounds3

Go Ah Sung as Ho Won : Seorang gadis muda yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dengan beberapa kali mendapatkan penolakan. Dia gagal mendapatkan pekerjaan di beberapa kali memasukkan lowongan kemudian dia menyerah dan memutuskan untuk melompat ke sungai Han. Akhirnya wawancara kerja untuk yg ke 101 kalinya Ho Won berhasil diterima di Hauline

Suk Jin as Seo Woo Jin : Mempunyai peringainya mulut yang tajam sebenarnya Woo Jin orang yang sederhana dan naik jabatan di posisinya sekarang didapatkan dengan kerja keras dan bakatnya. pegawai yang sangat membenci adanya nepotisme ketika melakukan perekrutan pegawai, Woo Jin tidak tahu bahwa Ho Won diterima kerja di Hauline karena bantuan dari dokter Seo Hyun.

Kim Dong Wook as dokter Seo Hyun: seorang dokter di Unit Gawat Darurat yang juga anak kedua dari pemilik Ha Woo Line. Orang-orang tidak bisa menilai apakah Seo Hyun benar-benar orang yang baik atau justru sebaliknya terkadang terlihat dingin. Dokter misterius yang menyelamatkan Ho Won dan membantu Ho Won diterima di Hauline tanpa sepengetahuannya.

Lee Dong Hwi as Do Ki Taek : Ki Taek bernasip sama dengan Ho Won berkali2 gagal ujian PNS dan diputuskan oleh pacarnya sehingga memutuskan untuk bunuh diri namun gagal dan akhirnya bersabat dengan Ho Won

Ho Ya as Jang Kang Hoo : Kang Hoo juga berkali-kali gagal dalam wawancara dan mencoba untuk bunuh diri namun gagal dan akhirnya bertemu dengan Ho Won dan Ki Taek serta menjadi sahabat.

****

Drama ini banyak mengajarkan gw tentang “hidup butuh perjuangan”. Gw pikir cuman di Indonesia ajah yang bisa tembus perusahaan besar yang salah satu caranya karena adanya koneksi! Ternyata Negara lain juga punya cerita tentang “koneksi tersebut”. Dan ketika kita udah lelah istilahnya, udah pasrah, udah “terserah deeeeh” biasanya Tuhan sedang melihat perjuangan kita. Dan segala perjuangan kita terbayarkan.

Posisi Eun Ho Won mungkin belum pernah gw rasain. Dimana tamat kuliah memasukkan lamaran kemana-mana hingga nyaris berdarah-darah. Belum lagi dengan stigma keluarga di kampung jika sudah lulus kuliah langkah selanjutnya tentunya adalah mendapatkan pekerjaan. Perbandingannya 1 : 100. Yang diterima Cuma 1 orang namun saingannya bejibun.

Belum lagi untuk menunjang biaya hidup di kota besar kita butuh duit/uang. Mendapatkan uang tidak segampang yang dibayangkan, mesti kerja part time untuk menghasilkan uang. Mesti belajar nabung. Gak bisa tengok jualan online. Hidup berfokus Peran Ho Won greget banget! Realistis banget! Lo mau dapat uang? KERJA!

Kalau kata temen gw (NURUL QADRI) yang menurut doi nasibnya 11-12 sama pemeran utama, perjuangan hidup yang sebenarnya adalah setelah tamat sekolah/sarjana. Jadi job seeker yang pantang menyerah, selalu berusaha maksimal tapi berkali-kali pula menghadapi kegagalan. Enak? Tentu tidak! namun, begitulah asam-manis kehidupan. Sudah tak terhitung berlembar-lembar surat lamaran, foto copy ijazah, pas foto dll yang ditebar disana-sini. Tak terhitung pula yang dapat panggilan. Yang lolos sampe tahap wawancara atau sudah duluan tereleminasi pada proses seleksi berkas. Posisi apapun yang diincar tak kesampaian, malahan yang tak terpikirkan, datang!

Ketahuilah, Allah selalu adil membagi adil rejekiNya. Semacam terdampar dapat posisi yang terkadang tidak bisa menyuarakan apa yang diinginkan karena kita bukan siapa-siapa. Tapi mau gimana lagi?

***

Eniwey baswey, drama ini banyak mendapatkan komentar positif dari netizen loooh. KOk tau? ya dooong! gw kaan sering nyamar jadi anak kuliahran di grup drama korea dan lalu sering cekakak-cekikikan tentang sebuah drakor yang lagi on going. Dan lalu pandangan yang membuat mereka simpati terhadap drama ini :

S-A-T-U

Dikarenakan si Ho Won yang sempat di”jatuhkan mentalnya” oleh bos ganteng Seo Wo Jin ketika menghadapi tes wawancara. Setelah diterima menjadi pegawai kontrak, disitulah ia banyak menghadapi masalah. Walopun demikian, ia tetap setroong dan menunjukkan eksistensinya demi perusahaan yang tempatnya kerja sekarang ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sampe bikin surat resign segala,hahahahaha. Padahal-kan si bos ganteeng lagi nguji nyali anak buahnya. Cocok gak masuk tim pemasaran?

D-U-A

Ho Won cantik bangeeeeeeet! gw ajah suuukaaa sama tipikal wajahnya. Jenis wajah yang belum tersentuh pisau bedah sepertinya. Karena hidungnya biasa ajah. Ga kayak artis drakor lainnya yang hidungnya tinggi menjulang.

anigif

T-I-G-A

Seperti yang gw sampaikan pada paragraph sebelumnya, drama ini berkisah tentang sulitnya mencari kerja di kota besar membuat para netizen (yang masih kuliah dan bukannya kuliahran kayak gw) menjadi paham akan hal tersebut dan mulai sejak dini belajar keras supaya lulus tes CNPS ataupun tes untuk merekrut pegaawai di sebuah kantor. Negri ataupun swasta. Kalo lo punya koneksi sih enak, tapi kaau yang memang ga punya siapa-siapa dan berjuang, saatnya asah otak lo sejak dini. Pandangan ini juga gw berlakukan untuk keturunan gw!

E-M-P-A-T

Bekerja untuk bertahan hidup. Lo mo makan apa kalau gak kerja? Dapur lo gimana caranya bisa ngepul asepnya kalau lo cuman tidur-tiduran. Mau makan sambel terasi ajah lo mesti berjuang untuk sekedar ngupas bawang Indonesia (baca : bawang merah putih), tomatnya, apalah apalahnya.

L-I-M-A

Ho Won sukses besar menggambarkan seluruh keadaan dengan baik. Tidak hanya realita kehidupan masa muda, dia juga mendalami perannya dengan baik.

dedikasi eun ho won untuk hauline
Kalau lo nonton bagian ini, pastinya lo bakalan standing applouse untuk Ho Won dan Ki Taek. Dimana sebagian besar dalam pegawai kontrak tuh suka dipandang sebelah mata! Argh!

***

Cinta Segitiga

Karakternya belum hilang dari ingatan ketika doi bermain dalam 1% something about. Berhubung drama si Seok Jin ini yang gw pernah nonton cuman itu dan doi selalu berpampilan necis berbalut setelan jas. Kelihatan ganteeeng banget! Gambaran prince charming *tolong mama Ucuuuuup* banget.

seo woo jinguanteeenk!

Ich gw suka caranya memandang lawan mainnya. Totally banget. Dan hingga eps 10 yang gw nonton dari Radiant Office, gw belum nemu adegan kissing.

q

cats

Sampe dsini baru sekedar tatap-tatapan yang bikin hati terluka deh ich *laludicambukpaksuami*,wkwkwkwkwkwk.

Apalagi pas si General Manager Seo Woo Jin suka ngasih tantangan ke Ho Won dan Ho Won Sukses dengan tantangan si GM Seo. Menghadapi atasan seperti GM Seo Woo Jin jangan pernah ada kata pesimis! Kerjakan dulu, jika memang mentok ya mau gimana lagi.

Drama Korea gak afdhoel banget kalau ga ada kisah cinta segitiganya *astagaaaa ibuwk Raya ingat umur dong ah* yang manis kayak cuklat silverqueen. Radiant Office juga menyuguhkan gregetnya cinta segitiga antara Eun Ho-won – Seo Woo-jin – Seo Hyun. Meskipun masih episode 10 tapi feeling gw pasti ada cinta segitiganya. Jangan pernah remehin feeling seorang ibu! Apalagi ibuknya Ucupyo! *apaan?*

Seo Woo Jin Got A funny feeling
Itu loooh pemirsaaaah waktu Ho Won stres banget mengetahui diagnosa dokter tentang penyakitnya dan lalu mengenggam tangan Woo Ji dan Woo Ji santai ajah gitu. Dsini gw lihat si Seo Woo Ji got a funny feeling! Rasain lu 😛

Kendatipun General Manager yang gagah berani Seo Woo Jin masih gengsi, adegan romantisnya cukup membuat yang menontonnya senang bahkan jingkrak-jingkrak seperti menang undian tutup botol minuman “anda untung 300 juta”.

dr seo hyun cakep

Sementara itu Ho Won juga makin akrab dengan dokter (yang gak kalah gantengnya) Seo Hyun yang mbikin hati Seo Woo Jin cenat-cenut,hahahaha.

Dr Seo Hyun pertemuan pertama menurut Ho Won
Ingat adegan ini? dimana Ho Won dikerjain oleh asisten Lee rekan kerjanya di Hauline. Awal mula Ho Won bertemu dokter Seo Hyun yang sebenarnya dr Seo ini yang menangani mereka bertiga pas adegan bunuh diri di Sungai Han.
dr seo hyun mulai dekat sama Ho won
^0^

 Gw selalu ditanya oleh ABG yang satu group drakor ama gw, apakah gw #TeamSeoWooJi si bos jutek dengan pesona mentereng? atau #TeamSeoHyun dokter GUWANTEEEENG misterius? Dan jawaban gw jatuh pada #TeamFidAksaraLakiGw guna meminimalisir terjadinya perang bantal yang kesekian kalinya,hahahaha.

Walaupun Perjalanan drama ini masih 6 episode lagi. Walaupun banyak adegan yang bikin seeer seeer asooooy, tetap pada titik pertanyataan

Apakah Ho Won mampu menjadi pegawai tetap perusahaan Hauline? Dan bagaimana perjuangannya?

****

KESIMPULAN

Gw eksaitit banget sama drama ini. Walaupun ratingnya tak secetar Strong Woman DO Bong Soon, Legend Of The Blue See dan Goblin ataupun yang segendre dengannya, tetap saja drama ini sangat menarik dimata gw dan layak ditonton!

Bagaimana dunia perkantoran yang sesungguhnya, realita dunia perkantoran semua ada dalam drama ini. Bagi adik-adik yang lagi duduk di bangku sekolah, drama ini recomended buat kalian, yaaaaa.. sebagai acuan ajah sih bagaimana kerasnya dunia kerja yang isinya 20% kerja dan 80% drama,xixixixixi 😀

industrial_pwrpt_background_by_siriusblack4ever

*****

UPDATE

Finally drama ini berakhir pada hari Kamis 4 Mei 2016 dengan ending yang muwanis. Unpredictable sekali dan asumsi gw tentang cinta segitiga terpatahkan sudah,hahahaha. Cinta Ho Won only one buat bos ganteng GM Seo Woo Jin. Lalu bagaimana dengan dr Seo Hyun? 😀

Ga ada sama sekali adegan kissing penuh nafsu membara-membahan-cetar-badai-guntur-halilintar yang bikin mata senut-senut. Ga ada adegan dimana perempuannya tinggal di rumah pacarnya/sebaliknya yang mbikin iman turun tahta. Ga ada adegan terpautnya lips to lips secara erotis. 4 Thumps Up. Percintaannya dewasa dan masuk akal, yaaa walaupun (menurut gw) justru karena kisah cintanya yang normal hingga ratingnya biasa ajah.

Sebaliknya alur cerita berjalan lancar tanpa ada bagian yang terasa hambar. Setiap episode semacam terisi oleh pesan-pesan positif mengenai dunia perkantoran yang salah satunya “bahwa dalam dunia perkantoran tuh menyuarakan isi hati itu penting, agar penguasa bisa “tau diri” lah istilahnya dengan kinerja dan tentunya anak buahnya”.

Bukan hanya itu, pada episode dimana akan diadakan perampingan karyawan, barulah GM Seo Wo Jin menyadari kalau dirinya tak akrab dengan karyawanya.  Padahal, hal kecil menanyakan “kamu berapa bersaudara?” mencerminkan perhatian pimpinan ke karyawannya.

Pertanyaan besar gw apakah Ho Won bisa menjadi karyawan tetap dan bagaimana perjuangannya terjawab dalam drama ini. Nonton dong ah biar gw gak bocorin kisahnya dsini,hahahahaha.

6284988_20140206012044

Drama ini gw hadiahi bintang 5 dari 5 bintang. Karena tipikal drama yang kayak gini yang masuk dalam hitungan kesempurnaan sebuah kisah. Ibarat gado-gado semua menyatu menjadi kisah yang manis namun masuk akal.

Penting sih bagi orang tua merekomendasikan drama gendre beginian untuk anak mereka yang duduk dibangku sekolah. Niatnya agar terpacu semangat mereka belajar untuk memasuki universitas impian. Juga susahnya menembus dunia kerja harapan hati tentunya tidak segampang nendang pintu kamar mandi pas mau ee’ ternyata airnya ga ngalir!

end

Namun satu (1) yang mbikin gw penasaran, sama-sama nama berawalan SEO, mungkinkah Seo Woo Jin bersaudara dengan Seo Hyun sang dokter yang antagonis namun tetap tamvan dalam ke-antagonisannya? *dasarbuaya*.

Iklan

15 tanggapan untuk “[Review]K-Drama Radiant Office, Story About The Reality At The Office

      1. reply 1988 jadi salah satu drama korea favorit buatku, mbak
        karena bikin ngakak terus di tiap episode, haha.

        iya, jadulnya itu juga yang bikin cengengesan ngeliatnya =D

  1. dan episode 11 pun belum ada adegan kissingnya** ya ampunnn di php-in terus–baru cek raw nya aja ..:V tapi selain ini favorit yg bikin ketawa sih chief kim–juaranya–drama komedi kantoran dan nam gong min gitu loh yang main..

  2. ini udah eps 14 belom ada kisu2 haahaha, gregetan.

    gw suka sih, karena ceritanya jadi gak standar drama korea ya, jadi agak mirip Misaeng yang mengupas susahnya dunia kerja untuk anak baru di Korea sana, gak melulu yang enak2 aja yang diceritain di drama. tapi Ha Seok-jin… yaoloh cakepnyaaaaaaa

    1. Hei echan.. iyaaaa.. ceritanya bagus menurutku chan. Gak lebaaay kayak kebanyakan drama dimana eps 1-10 tuh oke banget pas 11 ke atas no way deh akh! Dan pastinya drama ini semacam realistis skaleee,hahahaha..

      Iyaaaaaaa, Ha Seok Jin ttp ganteng penuh pesona. Setelan jas kota-kotaknya itu loooooch, ga kukuuuuh,wkwkwkwkwk

  3. Mbak Rayaaaa…. aku kunjungan baliiiik. Aku ingat dirimu. Suka lihat tentang Ucup di FB. Xixixixixi…
    Drakor ini juga nonton tapi sampai episode 8 atau 9 gitu. Belum lanjut lagi. Nunggu abis deh 🙂

    1. iya kaaan? deg-deg seeeer pastinya. Hari ini udah tamat. Aku baru sampe eps 13. Gregetan nunggu ending juga baru kejar setoran,hahaha..

      apa kabar sayang? lama tak bersua ^^

  4. Hai mbak, salam kenal, aku setuju dengan ulasannya. Aku salah satu yg belum bisa move on setelah nonton drama ini. Buat aku drama ini meski underrated dan tidak setenar drama lain, tapi efeknya ngena banget. Asiknya Radiant Office ini dibuat lebih ringan dibanding Misaeng. Cerita kantorannya hampir mirip dengan kantorku, kebetulan kantor aku juga berhubungan dengan Furniture sama dengan Hauline. Banyak banget yg bisa diambil dari drama ini. Dari susahnya dapat kerja, nasib pekerja kontrakan yang selalu diremehkan, diskriminasi pekerja wanita yang susah naik jabatan, KKN, suap menyuap dengan vendor/supplier, Direktur yang dipecat setelah 30thn bekerja, dll Yang istimewa lagi, karakter2 di Radiant Office realistis banget, ngga ada karakter yang berlebihan, bahkan yang kayak asisten manajer Lee Yong Jae si lebay tukang bully pun ada di dunia nyata. Aku paling suka romance di Radiant Office, super duper realistis banget, meski GM Seo & Howon saling suka, tapi hubungan mereka tetap profesional karena bagaimanapun juga mereka atasan-bawahan satu kantor. Biasanya kalau drama lain, sisi romance akan dieksplor berlebihan lama2 malah jadi nggak masuk akal lagi. Tapi writer Radiant Office tetap fokus sama inti cerita sampai ending. Drama ini akan selalu masuk dalam daftar salah satu favoritku.

    1. hei Mei terima kasih sudah berkomentar. Tooooos dulu dong kita, saya juga menjadikan drama ini rekomended bahkan untuk tontonan anak usia sekolah. Akting mereka baguuuus banget. Intinya drama ini realistiiiiis. Semuanya ada dalam drama ini 😀

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s