Diari Bu' Raya

Bersahabat dengan Breakout, Jerawat yang Pantang Menyerah.

hipwee-6-kebiasaan-penyebab-jerawat-1

Ramadhan ke 10, senin-05 Juni 2017. Ya, hari ini. Ragaku terkulai lemas. Bukan karena lambungku manja dan mendemo agar segera diisi. Jelas ini bisikan setan yang sirik dengan kepiawaianku menolak mentah-mentah bisikannya untuk berbuka puasa, bweeee. Bukan pula karena aktifitas fisik yang menguras energiku. Bukan pula karena kenyataan bahwa THR belum mengisi rongga kekeringan dari buku tabunganku. Yang ini jelas bentuk ketidaksabaran menunggu kepastian yang datangnya setelah Bapak Presiden menandatangani Surat Keputusannya :D.

Melainkan karena kesalahan (ataukah takdir?) yang kuperbuat sendiri tanpa memikirkan resiko kedepannya. Karena kesalahan dan kesombonganku yang ingin menyaingi kecantikan Song Hye Kyo artis papan atas negri Gingseng sono. Padahal kecantikannya jelas berbeda dengan kecantikan yang kumiliki sebagai perempuan kelahiran lokal berparas international *hoeks*.

Kesalahan yang jika terus kuungkit dengan menggunakan bahasa gajebo ini akan memudahkan imanku lemah dan bersedih atas kedatangannya. Padahal setiap kesalahan tercipta untuk merangsang kematangan sikap dan kecerdasan manusia. Betul?

***

Sebulah lebih aku mengonsumsi susu kolagen yang disinyalir mampu merontokkan flek bekas jerawat dan makin mengkinclongkan kulitku. Bukan hanya itu, menggunakan toner BHA –yang namanya haram dipublikasi– sebagai exfoliasi kimia yang mampu membersihkan minyak menumpuk di permukaan kulit, yang ternyata tidak cocok dengan kulitku dan mencoba selingkuh dari bedak Marcks.

Sialnya kesemua usaha untuk mendapatkan kulit mulus kinclong pupus seperti pohon kelor yang terpapar hama dengan harapan seperti paragraf di atas bahwa aku dapat menyaingi kecantikan Song Hye Kyo yang digilai bapake dari anakku.

Merasa jelez? Tentu! Mustahil jika tak ada secuil rasa dengki padanya. Sedangkan bapake anakku enggan menenggak susu kolagen, enggan bersaing dengan Kim Young Kwan aktor drama Korea yang digilai istrinya. Pantang baginya menenggak susu yang akan membuatnya bersinar bukan dari pancaran sinar illahi dari sisa air wudhunya. Pantang! *sambil ditiup angin bapake ucupyo keukeuh ga mau nenggak susu kolagen*.

Bukan kesalahan dari produknya, tapi dari si konsumen yang mungkin dalam susu – toner dan bedak tersebut ada zat yang tidak cocok dengan metabolisme tubuhku. Breakout parah! Yang ditandai dengan kulit mulus no problemo, tauk-tauk muncul jerawat meradang dengan perubahannya yang tidak wajar.

Ia datang untuk menguji kesabaran si yang mpunya jerawat. Sejauh mana keimanannya dalam menghadapi cobaanNya. Obat jerawat yang biasa aku gunakan mental, tidak bereaksi. Mungkin saja bereaksi namun lambat menangani breakoutku.

Baca juga : Obat Jerawat Sis Illi Akib

Bayangan akan lebaran idul fitri dengan muka seperti gambar di atas jelas merobek pencitraan yang terbangun dalam diriku. “UCUPYO GANTENG TURUNAN MAMA” *nangisgulingguling*

Sudahlah, tokh nasi sudah menjadi bubur dan bubur sudah bersemayam di dalam septitenk. Jerawat bukan akhir dari kisah ramadhanku kali ini. Bukan IBU RAYA namanya jika larut dalam kemelut wajah yang penuh jerawat. C’moon bebs, itu hanyalah masalah sepele dari sekian banyak masalah yang sedang mengantri menerpa hidup ini. Untuk naik tingkat ke tangga berikutnya tidak segampang nendang pintu disaat marah!

****

Menyandang status baru sebagai pejabat –penderita jerawat batu– tanpa ada pelantikan resmi membuatku sensitif. Pertanyaan yang terdengar biasa saja, otakku justru mengartikan semacam pertanyaan luar biasa yang si penanya ingin kutelan hidup-hidup. Oh No!

Padahal aku memahami dan memaknainya bahwa jerawat ini hanyalah cobaan Allah SWT untuk mengujiku apakah layak naik kelas atau stag di tempat. Ich how stupid you are,Raya! Sehat dan sakit, kaya dan miskin, sukses dan gagal, semua itu adalah rizki dari Allah kepada hamba-hamba-Nya sesuai dengan hikmah, rahmat dan karunia-Nya.

“Sesungguhnya kaya dan miskin, lapang dan sempit adalah ujian dari Allah; agar diketahui siapa yang bersyukur dan siapa yang bersabar, dan karenanya ia akan dibalas dengan pahala yang besar. Dan bagi yang tidak bersyukur atau bersabar maka ia akan diadzab dengan adzab yang hina. Termasuk, ketika seorang hamba lebih mementingkan kebutuhannya sendiri saja, maka itu adalah cita-cita yang lemah. Oleh karenanya, Allah mencela orang-orang yang tidak mementingkan keadaan masyarakat sekitar yang membutuhkan”. (Tasfir as Sa’di: 934).

Tafsir di atas seperti manamparku. Stop kelebayan ini dey ah! STOP! Berfikir bahwa sekarang Allah telah menjadikanku wanita sehat jasmani-rohani yang juga dikarunia suami yang rupanya perpaduan dua aktor sinetron Indonesia, Atalarik Syah dan Samuel Rizal dan anak lelaki yang tampangnya mirip Gu Jun Pyo dalam drama Korea BBF sehat, sementara banyak orang selain anda yang sedang diuji dengan menderita berbagai macam penyakit, contohnya.

Ataukah bahwa aku bisa berjalan dengan dua kaki lengkap yang kemanapun perginya asalkan mengaktifkan paket internet sudah mendapat ridha suami, sementara di seberang sana ada wanita walaupun wajahnya mulus kinclong tanpa jerawat namun tidak ada yang mengkwatirkannya seperti khwatirnya si aa.

Open your eyes, RAYA! Open your mind and open your oven! *halah*

****

Walaupun wajahku sedang terkena cobaanNya *lebaygela* toh matahari tetap bersinar, toh bulan Ramadhan tetap berlangsung, toh bumi tetap berputar pada porosnya, toh THR 13-14 ga akan kepotong. Yang dibutuhkan adalah SEMANGAT MENYEMBUHKANNYA! Seberapa kuat jeritan hatiku mencuar tidak akan menyembuhkannya jika yang kulakukan hanyalah meratapi nasib dan No ACTION! Haaaaah!

Usaha untuk menegarkan hati yang cengeng dan survive dengan breakout ini aku mencoba menerapkan hal-hal berikut :

1. BUANG CERMIN

Buang untuk sementara waktu, cermin memang sahabat wanita. Namun suatu waktu karena kejujurannya justru akan melukaimu. Saranku, jangan suka bercermin. Kecenderungan menatap cermin disaat wajah lagi kena cobaan akan menimbulkan stres yang justru memicu munculnya jerawat baru.

2. MENJAGA POLA MAKAN

You are what you eat. Jadi apapun yang dikonsumsi tentu akan memberi dampak pada tubuh. Mungkin saja bukan hanya 3 penyebab breakout yang kutulis di atas menjadi penyebab tunggal atas kemunculannya, bisa jadi juga karena pola makanku yang acak adut. Seperti doyan ngemil coklat *uhlala*, makan junkfood atau mungkin pernah menenggak mie instan? Fiuh! Itu sih cari gara-gara namanya,ckckckck.

So, mari sucikan perut dengan makanan sehat πŸ˜‰

3. NO MAKEUP

Sebenarnya aku tuh *mulai pencitraan* bukan emak-emak yang tiap hari dandan. Aku cuman make sunblock biar terlindungi dari UVa dan UVb dan bedak marks. Jikalau aku ngantor loh ya. Kalau cuman di rumah doang mukaku luput dari sentuhan mekap. Dari dulu hingga kini. As we know that kulit berminyak gak cocok dandan heboh untuk setiap harinya! hahahaha

4. Sabar dan Ikhlas

Kunci terpenting. Disaat kita sabar dan ikhlas biasanya gerbang pencerahan segera terbuka. Lagi pula jerawat bukan penyakit menular kok! Jerawat tuh cuman apa yaaa? kalau menurutku sih cuman cobaan kesehatan kulit. Sepertinya lirik lagu lowbo “resiko orang cantik” cukup menangkan jiwa yang alay! wkwkwkwkwk

5. Belajar jadi lebih kuat

Ga usah sok-sok nguatin diri orang lain kalau diri sendiri saja susah menggapai kekuatannya sendiri karena omongan orang. Haaaah. Tak terhitung berapa kali orang bertanya “astagaaaa, kenapa mukamu?” dengan tatapan yang hanya hatiku mengetahui artinya. Menjawab dengan esmosi juga mbikin pencitraan kita runtuh total! Jadi siapkan tangkisan jitu. Jawaban yang akan membuat si penanya standing applouse.

“oh iya nih lagi breakout. Jerawatku sedang ingin pacaran dengan pemiliknya”

atau

“biasalah cobaan dibidang kecantikan”

atau

“byaaasyaaaa.. resiko orang cantik” *kemudiandilemparinsendal*

6. Menyayangi Diri Sendiri

Poinnya disini, hidup kita ini bukan hanya mengurus jerawat meradang. Masih banyak hal lain yang mesti dipikirkan. Jangan gara-gara jerawat doang lupa lingkungan. Perbanyak mengingat hal apa saja yang membuat kita senang. Karena hati yang senang akan melahirkan kebahagiaan. Kebahagiaan akan terpancar dari diri kita dengan begitu stres akan lenyap. Stres mbikin hormon tubuh tidak seimbang. Jika kita menyayangi diri sendiri, alam bawah sadar ikut tergerak menyayangi si pemilik tubuh.

So, menyayangi diri sendiri bisa pula dilakukan dengan merawat wajah yang sedang meradang. Seperti menggunakan perawatan alami yang terbuat dari madu ataukah jeruk yang diyakini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

****

20170605_124539

Berhubung saat ini adalah bulan suci Ramadhan, anggaplah jerawat ini adalah cobaan yang indah. Jika kelak bisa melewati proses penyembuhannya, tentunya akan melahirkan semangat baru dan belajar mengetahui apa yang kulit kita butuhkan.Bukan inginkan loh gaes πŸ˜‰

Kendari, 5 Juni 2017

-Raya makyus-

Iklan

19 tanggapan untuk “Bersahabat dengan Breakout, Jerawat yang Pantang Menyerah.

  1. Aaaaa sabar mbak Raya, aku juga berada diposisimu 😒
    Dari wajah mulus tak berjerawat, terus tanpa pelantikan jd pejabat πŸ˜‚
    Satu yg menanmparku waktu itu adl kalimat ust Felix β€œJangan mati-matian harga mati untuk sesuatu yang enggak dibawa mati”. Dari situlah akhirnya aku ikhlaskan diri menjadi pejabat :’)
    Semoga ini jg bagian cara unt mengurangi dosa 😁
    Aamiin

    1. Halo Agit. Tooos dulu kita doong πŸ˜‚πŸ–πŸ–πŸ– masih banyak hal lain yang mesti kita urusi. Bukannya malah tersesat dalam masalah jerawat yg itu2 ajah,hahahaha..

      Semoga dosa kita segera diberi pengampunan. Hingga jerawat bisa mereda. Ataukah jerawat bagian dosa? Oh noo! 🀣

  2. MakYuusss, kayaknya si jerawat malah jadi rajin muncul setelah dikau nikah yeeahh, hihihih πŸ˜€

    no worries Dear, tetapiji dirimu yg paling cantik sejagat raya ini *kata Tuan Fid dan Anakyo Ucupyoooo* πŸ˜€

        1. Nd kasih tambah berminyak muka kah itu kak? Ada d rumah yg merk hpai. Kayaknya urusan muka bagus jatuhnya klo pake natural skin care. Atau pake yg tradisional. Walaupun hasilnya lama. Tp prosesnya itu looh.

    1. iya juga sih. Se pake masker madu ini hampir tiap hari. Se campur perasan jeruk nipis. Lumayan hasilnya sudah semingguan ini πŸ˜€
      Ada itue kak beauty vlogger yang berjerawat. De pake argan oil juga. yang balitoteli apakah itu? untuk pembersih mukanya. Waaaah. riset baru!

  3. ka rayaaaaa~~~ kenapa muka kita samaa hueee..
    ini aku juga lagi breakout parah dan mau lebaraaaan wkwkw

    dan sampe skrg ini, no make up. dan pasrah sama dokter kulit walaupun hasilnya gak sekinclong dahulu~~~

    1. iya iiiich njengkoliiin tauk! bikin gondokan ajah! wkwkwkwkwk.. tapi anggap ajah cobaan say.

      Kamu stres kali yuu, olehnya rentan jerawatan. Kalau aku sih keganjenan, over exfoliate,cyiiin.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s