Ramadhan Challenge

Puasa Sehat ala Ibu Raya

gemuk disaat puasa

Salah satu keberkahan dalam hidup adalah dianugerahi pasangan hidup yang jujur dalam menyampaikan aspirasinya. Tidak gampang loh menyampaikan aspirasi di bawah tekanan lirikan perempuan,xixixi. Keluarnya aspriasi biasanya karena rasa tjintah dan sayang *eaaaa.

Sayang, puasa-puasa kok gendutan?

Butuh waktu 5 menit untuk mencerna makna awal dan akhir kata per kata yang entah mengapa sangat kompak membuat hati saya senut-senut. Apa? Gendut?. Sebenarnya biasa ajah sih. Kalau saya gendutan, so what gitu loh? Bukannya itu artinya bagus? Tolak ukur kesuksesan seorang suami kan ketika berhasil membuat berat badan istrinya lebih berisi dari biasanya karena efek kebahagiaan. Bahagia!

Namun, pada kata” gendutan” itu tersirat makna menyindir sekaligus menasehati “enough to consume unhealty food“. Otak saya menflashback kejadian setiap hari kerja di bulan Ramadhan session pertama.

Puing-puing kenangan ketika saya bergoncengan manis dengan suami dalam kondisi motor melaju cepat dan mendadak motor terhenti ketika saya melihat lambaian tahu isi dan korket memanggil-manggil saya BUY IT ME,PLIIIIIS.

Sejak ramadhan pertama hingga kesepuluh, setiap hari pasti slogannya “berbukalah dengan gorengan“. Ditambah dengan cuaca Kota Kendari yang diguyur hujan lebat non stop setiap hari ikut andil menyempurnakan menu berbuka dengan gorengan,ckckck. Bukan hanya itu, mengingat dalam sebulan pastinya gak makan makanan favorite, saya suka (kalap) ngemil bakso ataupun kfc sebagai santap malam sebelum tarawih. Pulang taraweh makan lagi, pan ceritanya saya ibu menyusui, jadi mengisi amunisi sebelum tidur itu perlu! *caripembenaran* Luaaaar Biasa!

Itu baru berbuka puasa loh. Belum lagi pas sahur. Selain makan dengan porsi nyaris 2 piring, ditambah ngemil buah dan susu kolagen yang tentunya membuat sesak napas, ketika imsak menjelang anak saya nangiiis dan minta ngeASI. Jadilah saya mesti tiduran sambil menyusui. Dasarnya ngantuk berat, maka saya terbang ke alam kapuk tepat setelah sahur,ckckck. Maka jadilah saya gendutan! hahahaha

****

Sungguh kata GENDUTAN instanly CHANGED MY LIFE. Andai gendut karena sehat sih gak masalah, tapi kalau karena endapan calon penyakit degeneratif yang menyumbat aliran darah kan bahaya! Apalagi konsumsinya gorengan dalam jangka waktu yang berurutan. Kandungan lemak dalam minyak pada gorengan membuat gorengan sulit dicerna.

Coba bayangkan, ketika perut masih kosong langsung dicekoki gorengan. Pencernaan masing-masing orangkan berbeda. Jika penderita maag, siap-siap deh bakalan oleng kapal kapten! Karena gorengan merangsang asam lambung naik.

Untuk jangka panjangnya mengonsumsi gorengan setiap hari jelaslah tidak baik. Takutnya minyak yang dipakai saat menggoreng itu loh. Tidak ada yang menjamin bahwa minyak yang dipakai menggoreng itu hanya sekali pakai. Sementara sumber penimbunan lemak jahat pada tubuh terletak pada minyak goreng yang dipakai berkali-kali dalam penggorengan.

Sering mendengar kata LDL (low-density lipoprotein)? Lemak trans dalam gorengan bisa meningkatkan kadar LDL atau yang dikenal dengan lemak jahat. Seiring dengan peningkatan lemak jahat, HDL (high-density liproprotein) yang dikenal dengan lemak baik pada tubuh mengalami penurunan. Semacam tukeran posisi gitu.

Dimana yang jahat akan berkuasa atas tubuh kita sedangkan yang baik terabaikan jika nekat mencekoki isi perut kita dengan makanan yang tidak baik. Jika lemak jahat dalam tubuh terus meningkat, pastinya akan membentuk plak dan menghambat aliran darah menyebar ke seluruh tubuh.

lemak darah
Sumber : link

Perhatikan gambar di atas, bagaimana kepiawaian minyak dengan kandungan LDL tinggi mampu menghambat alur transportasi darah yang mengaliri tubuh kita.

Sebelum terlambat, KATAKAN TIDAK pada gorengan yang tidak terpercaya cara penyajiannya. Sebagai alternatif gorenglah sendiri *ga ada waktu cyin*, jikalau memang gak sempat ya menu buka puasanya diganti dengan menu yang lebih sehat seperti kolak, sup buah dan puding.

***

Tips Puasa Sehat ala Ibu Raya

β™₯ Jangan Makan Berlebih saat Berbuka

Batalkan puasa dengan porsi secukupnya. Minum segelas air hangat, sedikit mencicipi buah dan bergegas sholat magrib. Sebenarnya dengan segelas air hangat dan buah cukup mengenyangkan sementara waktu hingga usai sholat magrib. Selain mengenyangkan juga rendah kalori.

Berat banget pastinya di awal untuk menerapkan poin ini. Modal niat saja gak bakalan cukup. Apalagi kalau orang serumah tuh buka puasanya di sertai gorengan. Menegakkan hati untuk tidak mengambil gorengan sama kayak perjuangan pahlawan yang berjasa menumpas penjajah di Indonesia. Selain niat kita juga butuh strategi untuk melawannya.

Sejujurnya buah saja sudah mengenyangkan, ditambah segelas air hangat. Kenyang pool. Tapi aroma dan warna gorengan di atas meja seakan menari-nari dipelupuk mata. Gorengan yang handmade memang pilihan, tapi ingat gak lebih dari 2 biji. Dua!

*ich ngomongin gorengan mulu*
*ada yang gagal moveon*

Saya punya pengalaman buruk, jadi selepas berbuka puasa dengan gorengan yang manis saya melanjutkan perjuangan berbuka puasa dengan makan berat seperti batu kerikil, kayu, pahat, gergaji.. Nasi sama martabak telor doang sih. Tapi nasinya ngalahin gunung Semeru. I dunno why? efek lapar kah? efek hujan kah? yang pasti perut saya demo besar-besaran kala itu.

Setelah makan dan sholat magrib, saya muntah-muntah! Bukan karena sakit maag atau hamil?, melainkan karena kekenyangan. Begitulah gambaran orang yang mengikuti nafsu perutnya,hahahaa.

So, kenapa tips ini paling pertama dan utama. Karena makan berlebih saat berbuka akan menimbulkan masalah baru bagi pencernaan anda. Lambung tuh kayak kerja keras menggiling makanan tanpa jeda,hehehhe. Daging ajah kalau terus-terusan digiling pake blander dalam waktu berentetan bisa rusak, apalagi lambung!

β™₯ Jaga Keseimbangan Gizi

Usahakan tetap mengikuti panduan gizi seimbang yang mencakup konsumsi makanan yang mengandung zat tenaga (karbohidrat), zat pembangun (protein dan mineral), dan zat pengatur (protein,air dan vitamin) di saat sahur dan makan malam. Puasa lancar, nutrisi tubuh pun tidak terabaikan πŸ˜‰

β™₯ Olahraga

Apa? Olahraga saat berpuasa? Yakin?

Awalnya memang berat. Berpuasa saja kadang terasa dehidrasi, ditambah dengan olahraga segala! Namun perlu diketahui, mengatas namakan puasa lalu tidak bergerak juga kan artinya tidak sehat. Kalori jahat yang masuk saat sahur atau berbuka tidak terbakar. Hasilnya ketebak doong, bikin BB naik sama kayak naiknya harga bawang di pasaran,hiks *maaf curcol*.

Olahraga ringan saat berpuasa misalnya, bersepeda atau jalan santai sambil ngabuburit. Selain berfungsi untuk sehat, olahraga juga menyegarkan badan.

β™₯ Tidur yang Cukup

Tidur bukanlah kemalasan. Tidur yang sehat adalah kebutuhan dasar manusia yang harus terpenuhi, sama seperti kebutuhan akan udara dan vitamin. Jangan karena bulan Ramadhan lalu asyik beribadah karena bulan suci ini datangnya sekali setahun dan lupa tidur. Tidurpun hitungannya ibadah, karena dengan tidur dapat meningkatkan stamina tubuh dan tentunya menghindari rasa malas saat bekerja di jam kerja.

Health Is Not Everything but Without Health Everything Is Nothing

tumblr_inline_o2scz9LzSh1sblp91_1280

Diikut sertakan dalam 1minggu1cerita minggu ke 24. Member no Tujuh Puluh Satu (71) πŸ˜€

 

 

 

 

Iklan

15 tanggapan untuk “Puasa Sehat ala Ibu Raya

  1. saya juga kayaknya gendutan ramadhan ini, huhuhu 😦
    bukan karena gorengan sih, tapi habis sahur langsung tidur lagi, terjadilah penumpukan lemak di area perut *dalubi semakin kentara*

    1. betuuuul sekali. gorengan-kan 4 biji 5 rebu. Beli 10 rfebu ajah udah dapet 8 biji. Sementara nasi padang harganya 20 rebu, mending gorengan ajah,hahahaha *perhitunganmodeon*

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s