Blablabla

[Review] Fre-C Sun Protector, Sunblock untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kulit berminyak disertai acne prone merupakan kasus terbanyak dalam dunia kecantikan. Dimana jenis kulit tersebut  lebih banyak menyerang usia produktif dan proaktif. Memprovokasi kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak di bawah permukaan kulit ketika STRES atau ketika menggunakan skin care yang tujuan utamanya mengontrol minyak pada wajah.

1

Segala macam cara dan upaya memberantas kulit berminyak tersebut kita lakukan, yang padahal kulit terbut merupakan anugrah Tuhan bagi pemiliknya karena disinyalir mampu sebagai formalin bagi efek penuaan kulit *halah*. Olehnya ketika kita menggunakan segala sesuatu yang berlabel “oily control”, biasanya minyak pada wajah makin ganjen menyerang kulit . Makin disingkirin minyaknya malah makin banyak, ya senyumin ajaaah!

Toh Tuhan tidak mungkin menciptakan kita dengan kelebihan minyak pada wajah tanpa sebab tertentu. Pasti ada hikmahNya, yang penting mampu bersabar, mawas diri dan tentunya lebih mengerti apa yang diinginkan kulit. Keinginan suami -atau gebetan atau pasyar atau mantan – ajah kita tau, moso kulit sendiri gak tau seeeh? Padahal yang lebih dulu menjadi pasangan kita yaaaa kulit kita, bukan kulit pasangan kita!

Nah, untuk kasus kulit berminyak dan berjerawat tentunya perlu kehati-hatian dalam menggunakan make up ataupun skin care. Kalau di saya paling rewel  sama masalah sunblock. Cocok-cocokkan. Merek terkenal dan happening saja bahkan ikonnya Ratu Kecantikan sejagat nasional ajah gak cocok! Malahan ketika mencoba melirik sunblock dengan harga miring, eeeh, malah cocok!

Sunblock? Matahari yang terblokir? *halah*

Apapun jenis kulit kamu, menggunakan sunblock hukumnya WAJIB!  Sunblock dan sunscreen dua kata yang berbeda loooh namun mngandung makna yang sama, yaitu sama-sama melindungi wajah kita dari sinar matahari.  Pertanyaan yang paling mendasar,

PENTINGKAH MENGGUNAKAN SUNBLOCK/SUNSCREEN?

Sering kali mama saya ngomel kalau ngajakin saya jalan, Moms date gitu deh. Selain harus menunggu anak –mantan- gadisnya ini pakaiannya luama juga dikit-dikit touch up sunblock selama perjalanan.  Kalau kata mama “NGAPAIN JUGA MATAHARI DITAKUTI? HEH, MATAHARI ITU BAGUS! APALAGI MATAHARI PAGI!”

Yoi, radiasi matahari zaman dulu dan sekarang kan beda! Wanita yang lahirnya terdahulu utamanya pada zaman VOC menduduki  nusantara, tak ada sejarahnya para wanita dikit-dikit touch up sunblock, karena radiasi mataharinya zaman dulu gak sekejam sekarang.  Open your eyes, zaman sekarang tuh bumi bahkan kesulitan bernapas karena ulah kita sendiri. Hayoo ngakuuu! Karena ulah kita yang menyebabkan sinar matahari secara sukarela menembus jantung bumi, merusak atmosfer bumi. Sehingga jika lama terpapar radiasi sinar matahari jelas bisa merusak kulit kita.

Coba lihat, zaman dulu ada gak sih sunblock yang sehebat sekarang?  Yang kemampuannya bahkan mengalahkan kehebatan superman. Superman belum ada sejarahnya melindungi kulit kita dari kejamnya radiasi sinar matahari. Tapi sunblock jelas-jelas mengklaim mereka mampu melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari sehari semalam. 24 jam!

Sinar Matahari dapat Merusak Kulit?

Sinar matahari memiliki dua komponen dahsyat yang mampu merusak sel kulit kita. Yaitu UV a dan UV b. Bahkan kini ada UV c. Paparan sinar matahari dalam waktu lama tentunya akan merusak serat kolagen dan lapisan dermis kulit. Kulit akan tampak keriput, kendur, dan pori-pori membesar. Selain itu, kulit menjadi lebih mudah memar karena hilangnya serat kolagen sebagai “bantalan” kulit.

Tak hanya akibat di atas, efek radiasi sinar matahari mampu menyebabkan kanker kulit. Hal ini bisa terjadi karena radiasi ultraviolet dalam intensitas besar akan merusak materi genetik pada sel kulit. Bila kerusakan ini terus berlanjut, pertumbuhan sel kulit menjadi tidak terkontrol hingga menimbulkan kanker.

Sunblock untuk kulit berminyak + acne prone

Saat ini penggunaan tabir surya alias sunblock sudah umum dan tidak hanya digunakan saat pergi ke pantai saja. Penelitian terbaru menyarankan penggunaan sunblock harian merupakan hal penting, tidak hanya untuk mencegah kanker kulit tetapi juga penuaan kulit.

Namun terkadang justru penggunaan sunblock yang menyebabkan jerawat cepat menyerang wajah. Banyak perempuan di luaran sana (termasuk saya! hahaha) meninggalkan sunblock dan memilih pake bedak tabur biasa atau sekalian memakai foundation yang berSPF. Artinyakan fondationnya mengandung sunblock.

Setelah membaca banyak artikel dan berkonsultasi dengan dokter kulit, justru penggunaan sunblock amat sangat penting! Apalagi untuk kulit berminyak dan berjerawat. Radiasi sinar matahari-kan pencetus munculnya komedo yang berakhir dengan infeksi jerawat.

Yang perlu diketahui, sunblock yang cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat tuh kayak gimana? Kalau kata dokter kulit langganan saya, pemilihan sunblock sebenarnya tergantung jenis kulit dan aktivitas seseorang.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat sunblock yang cocok adalah yang formulasinya cair sehingga lebih nyaman dipakai dan tak lengket untuk kulit berminyak. Untuk pemakaian sehari-hari, SPF 15 atau 25 pun cukup untuk melindungi wajah.

Tapi kalau emang lagi berjerawat dan aktifitas kamu indoor alias kerja lapangan dan terpapar langsung dengan sinar matahari, sebaiknya menggunakan SPF 30 bahkan 50 agar kulit terproteksi dengan baik dari paparan sinar matahari langsung.

Adalah DR. Vita Clinic Fre-C Sun Protector dari Skin & Lab. Mengandung vitamin C & E dengan SPF 50+/PA+++ melindungi kulit wajah dari UV A/UV B yang belakangan ini saya gunakan. Karena awal pemakaian saya cari reviewnya yang pake bahasa Indonesia itu jarang banget, maka saya mencoba memberi review setelah 4 bulan pemakaian.

skinnlab_frecsunprotector_detail_08

skinnlab_frecsunprotector_detail_10

skinnlab_frecsunprotector_detail_11
Sumber gambar : [link]
  • Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik menangkal efek radikal bebas serta mengurangi melanin yang bisa menggelapkan kulit.
  • Vitamin E memberi perlindungan pada wajah dari kerusakan radiasi sinar matahari dan menghambat pembentukan pigmen jelek pada kulit.

Teksturnya seperti lotion berwarna putih susu. Tidak lengket. Enak banget pas nampol di wajah.

anigif

Awalan saya ragu, karena SPF yang tinggi sering tidak berjodoh dengan kulit berminyak nan berjerawat. Namun bulan berganti bulan alhamdulillah tidak menimbulkan breakout ataupun gangguan kulit lainnya.

Jika penggunaan sunblock ini single use, wajah tuh berminyak di beberapa daerah tertentu, namun ketika dibaurkan bedak, akan mengikuti warna asli kulit kita dan kembali normal tidak berminyak.

(+)

♥ Sunblock yang tidak lengket ketika di apply ke wajah

♥ Selain melindungi, membuat wajah terlihat cerah

♥ Kelihatan natural ketika dialikasikan ke wajah

♥ Matte dipake seharian

♥ Wanginya soft banget dan saya susah mendefinisikan wangi tersebut. Enaklah pokoke

♥ High Proteck dong tentunya. SPF 50 dengan PA +++

(-)

♥ Untuk ukuran dompet saya, harganya mahal! Rp 250.000,- 50 ml

♥ Belinya online

20170528_141918-01

Hingga saat ini bedak Marcks dan sunblock dari brand Skin & Lab dari negri Korea menemani aktifitas saya sehari-hari. Produknya sesuai dengan klaimnya tidak membuat wajah putih sekali, namun hasil akhirnya kelihatan natural. Yang terpentingnya lagi, bebas breakout dan gangguan kulit lainnya.

***

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi para pembaca yang sedang mencari sunblock yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Kembali ke hakikat kulit berminyak adalah tidak bisa menggunakan make up secara berlebihan.

Baca ini juga : Ketika Acne Vulgaris Menyerang

 

 

 

Iklan

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s