Blablabla

Tujuan Lo Ngeblog?

Setelah menyalakan HP dari kematiannya semalaman, gw menemukan notifikasi yang bagi gw ‘biasa’ sih namun entah mengapa notif tersebut senantiasa mbikin hati gw berdecak kagum atas apa yang sudah gw lakukan selama ini. Ibarat superman yang berjasa melumpuhkan perampok dan mendapat apresiasi dari masyarakat.

10

Setitik kebahagiaan berdesakan di hati gw. Astaga, ternyata gw mampu jadi blogger! hahaha. Notifikasi yang datangnya dari diari elektronik gw, wordpress. Mengingatkan gw akan masa-masa sekolah dulu, dimana wali kelas selalu memantau perkembangan anak didiknya.

Untuk notif ‘biasa’ sepagi ini dimana masih menggenang iler di sudut bibir, selimut yang masih berantakan dan posisi tidur yang saling berpelukan dengan pacar kecil gw semacam MOODBOOSTER untuk tetap berliterasi. Untuk tetap menulis menuangkan ide-ide. Sekalipun ide sejenis ‘sampah’.

Sejujurnya ada perasaan minder dengan tulisan-tulisan di dalam blog ini. ‘Cemen banget sih lo nulis, Ray?’ atau ‘Sampah banget sih tulisan lo?’ mengapa minder? Karena gw melihat tulisan letting atau teman-teman gw dalam mengawali diri menjadi seorang blogger tuh cucco parucco. Badaaaaaaai. Sementara tulisan gw? Iyyyyyyeeeeewh!

Lalu semacam hidayah memasuki relung hati gw-mengetuk dengan gayanya sendiri hingga nyaris menggedor-gedor dan bertanya “TUJUAN LO NGEBLOG ITU APA?”. Maka yang terlintas bahkan tertanam di alam bawah sadar gw adalah ketika gw memulai untuk menulis di blog ini. Tahun 2012.

Tujuan Lo Ngeblog_

Tujuan Gw Ngeblog

♠ Menuangkan isi pikiran

Sejenis tujuan mulia. Dulu. Dulu banget gw suka berantem sama sisi hati yang egois. Karena ekspetasi gw suka berbenturan sama kenyataan.

Isi pikiran masing-masing orang-kan berbeda. Misalnya kayak beberapa minggu yang lalu gw kesambet hidayah untuk nulis cara menghilangkan stress. Gw mencoba menuangkan isi pikiran dengan gaya tulisan yang amburadul yaaa kalau menurut gw. Gak sesuai EYD pulak :D.

Baca ini : 5 Cara Meringankan Stress

Sengaja gw posting tulisan tentang stres, yaaaa kaliiii ajah ada orang yang lagi stress dan butuh pencerahan gitu loooh. Sekalipun tulisan tersebut standar dari pengalaman gw pribadi dan gw belajar banyak dari berbagai sumber cara menangani stress dalam tubuh kita, namun jika ternyata tulisan tersebut memberi manfaat, alhamdulillah.

♠ Belajar Menulis

Heh? Umur lo berapa masih belajar menulis?

Umur bukanlah penghalang seseorang mau belajar. Menulis  biasa sih semua orang bisa! Bahkan menulis di atas air pun beberapa orang mampu melakukannya. Namun menulis di media, apa semua orang bisa?

Pada zaman gw ababil banget. Zamannya gw punya cidaha, tulisan gw rerata tentang cinta tanpa syarat! hahahaha. Bahkan saking takjubnya ama tulisan tersebut, gw sampe ngira kala itu gw dirasuki hantu cinta dan mulai menggombali blogspot dalam akun wordpress ini.

Namun karena keseringan mbikin puisi/prosa tentang rayuan gombal, tentang cinta, tentang khayalan gw menemukan soulmate, akhirnya gw terbiasa dan mampu menulis beberapa cerpen dan flash fiction.

Bukan hanya itu, mengingat cita-cita besar yang hingga kini belum kunjung tiba untuk lanjut kuliah. Oke sekali lagi gw repeat biar Allah segera ngasih rejekiNya :D, cita-cita besar GW MAU LANJUT KULIAH! Jadinya mulai sekarang, gw latihan bagaimana caranya menulis untuk gaya INDUKTIF-DEDUKTIF misalnya. Belajar menulis menggali suatu kasus lebih terperinci.

Kalau lo bisa bikin status di facebook atau BBM, atau lo bisa bikin caption kece di instagram, itu artinya lo bisa nulis! Maka, tingkatkan lagi kemampuan lo, sehingga bisa menulis yang mendatangkan manfaat bagi orang lain.

♠ Meluapkan Hobi

Waktu kecil, setiap kali ditanya ‘hobi lo apa?’ jawabannya simpel kok. Hobi gw menyanyi-menulis dan difoto. Ajaib! Jawaban asal gw mengaliri sendi-sendi hidup gw. Olehnya orang tua senantiasa menasehati “hati-hati dengan omongan”. Siapa menyangka cooba? Raya kecil yang punya hobi difoto hingga kini memang mendapati julukan ‘banci kamera’ karena dikit-dikit cekreeeeeek. Zaman kuliah dulu setiap henpon keren teman-teman pasti ada foto gw nampang! hahahaha.

Menulis adalah hobi gw yang paling kelihatan. Gw hobi ngoleksi diari yang wanginya haruuuuuum dan menuliskan semua isi hati gw. Dan pada tahun 2007, gw mulai ngeblog di platform multiply yang udah lama jadi almarhum, barulah tahun 2012 gw rajin menyalurkan hobi ngoceh di diari elektronik ini.

Mungkin kelihatan perbedaan signifikan tulisan zaman gw alay dengan sekarang ini yang mulai insyaf jadi alayers. Kini jauh lebih berbobot kali yaaa atau pencitraan? hahaha, gunanya kelak jika anaknya cucunya cucunya lagi cucunya gw membaca blog ini, mereka akan berkata ‘WOOOOOW NENEK MOYANG GW BLOGGER!’.

♠ Arsip Pribadi

Blog sama halnya dengan diari. Tempat mencurahkan segala unek-unek yang mengganggu pikiran a.k.a curhat. Namun bukan berarti curhat lalu kebablasan angine looh ya. Curhat boleh, namun curhat yang bermanfaat itu solehah banget *kibaspashmina*.

****

Beberapa hari yang lalu gw menemukan ‘istilah pencarian’ dalam statistik blog ini yang tergolong unik. Banyak istilah pencarian seputar fondation yang cucco untuk kulit berjerawat ataupun sunblock. Namun kali ini beda! Ada semacam bisikan dalam hati gw “TUH-KAN TULISAN SAMPAH LO TERNYATA BERMANFAAT,CUY!”.

pencarian statistik 2

Baca ini : Ketika Acne Vulgaris Menyerang

pencarian statistik

Baca ini : Mantra Lupa

Tulisan yang bahkan gw lupa kalau pernah menuliskannya dalam blog ini :D. Tulisan yang memperlihatkan kekurangan gw yang kala itu gagal moveon dari mantan,wkwkwkwk. Oh Ucupyo anak soleh mama Raya, lihatlah tulisan mamak, nak. Dan tolong jangan mau terjangkit virus mamak yang itu.Iya, yang malu-maluin itu,huwahahahaha. [Hapus gak yaaa?].

Ah, terima kasih, kalian memberi semangat pada mamak-mamak sok sibuk ini untuk senantiasa menebar hal-hal remah remahan rengginang yang ternyata bisa bermanfaat,xixiixxi :D.

-RayaMakyus-

 

Iklan

31 tanggapan untuk “Tujuan Lo Ngeblog?

  1. hahahaha…
    suka lihat yang nyari dan ngeluh soal jerawat itu, hahaha
    tapi kadang ngeblog itu serasa jadi passion baru kalau sudah menyukai dunia tulis menulis..
    apalagi kalau sudah terbiasa nulis kan, ada banyak ide yang bertebaran di kepala, jadi sayang seklai kalau tidak dituangkan dalam kanvas, eh dalam laman blog

    1. Yups..pemikiran kita sama,masbro. Sekarang ini blogger bisa menjadi profesi. Persoalan ide, sebenarnya dalam keseharian kita banyak ide yang gentayangan. Waktu untuk nulis yang terkadang di ulur-ulur atau bahkan tidak punya waktu untuk menulis *cieciecie curhat* hahaha..

        1. *cek toko sebelah*
          Just do it to get duit :).
          Gw sangat mengapresi blogger yang bisa dapet doit dari tulisannya.
          Semacam hobi yang mengasyikkan tapi tidak memabukkan *eaaaaaaaaaa

              1. yah ikutan komunitas blogger perempuan itu loh mbak, cuma kebanyakan tawaran endorse itu diperuntukkan kepada blog yang TLD atau yang akhirannya .com itu loh

                juga bisa ikutan lomba di sana kan, siapa tau menang

  2. Buset. Keyword nya maknyus. Hahaha.. emang beda cara menulis dan menyampaikan pesan ala emak blogger dan bapak blogger. Apalagi saya. Berusaha untuk lucu eh kok malah garing. Pengen serius eh malah kurang greget 😊

    1. memang muka saya muka beras, pak.. hahahaha.. Just to be your self, pak. Jangan terbebani dalam menulis. Apalagi komentar ini sepertinya menggurui banget ya, pak? *sungkem sama suhu* 😀

  3. sip.. banyak yg sama tuh tujuan ngeblog. sebagai catatan pribadi, menyalurkan hobi, mangalihkan pikiran dari penatnya aktivitas harian, penghilang stress, pernh kepikiran tulisan nya layak tampil atau tidak, ngeri kena semprot warganet. bedanya sih saya blm terlalu lama ngeblog.

  4. Untuk saat ini, blog masih saya gunakan untuk nyimpan arsip pribadi saja. Karena selama ini saya sendiri sering lupa nyimpan file. Satu lagi kelebihan blog lebih mudah diakses dari perangkat apapun, dan lebih rapi.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s