Make Up

Daily Make Up Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Halo Reader!

Make up Routine Untuk Kulit berjerawat

Ngomongin kulit berminyak dan berjerawat memang never ending story. Karena kulit berminyak itu unik sehingga dalam perawatannya tidak semudah menendang pintu kamar mandi disaat marah. Butuh kesabaran ekstra cuy! Salah menggunakan produk, bisa galau berkepanjangan. Olehnya, untuk kasus kulit yang unik ini, kita dituntut istiqomah dan setia dalam penggunaan produk. Sama halnya dengan menemukan soulmate yang Allah hadiahi ke kita, kalau sudah cocok, ngapain ganti-ganti? *eaaaaa.

Setiap tanggal 20, Sultra Blogger Talk memposting tulisan yang telah disepakati bersama. Mengawali tahun 2018, kami mengangkat tema Daily Make Up Routine. Tema yang sedikit berbeda. Berhubung isinya komunitas ini rerata perempuan, tidak ada salahnya saling mengintip senjata tempur membernya. Siapa saja mereka? Here we are :

⇒ Bu Arni

⇒ Bu Diah

⇒ Bu Irna

⇒ Bu Ira

⇒ Bu Indry

Okhay, Back To Topic Hidayat.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, tipe kulit gue adalah berminyak plus berjerawat. Pasangan paling serasi di dunia. Kombinasi yang membuat gue sering menangis jejeritan jika nekat gonta-ganti produk make up or everything lah yang membuat wajah gue breakout akibat salah memilih produk.

Baca juga : Pengalaman Menjadi Penderita Jerawat Batu

Olehnya di paragraf awal gue menekankan bahwa kulit berminyak dan berjerawat, jika menemukan produk yang cocok, gak usah ganti-ganti deh. Susah looh bisa berjodoh dengan produk yang bisa membuat wajah kita cantik tetapi tidak membuatnya kesusahan *halah*.

Baca juga : Ketika Acne Vulgaris (Jerawat Batu yang Bernanah) Menyerang!

Benar adanya, jika pengalaman adalah guru berharga. Sama halnya dengan perjalanan hidup gue, menjadi perempuan yang Allah hadiahi kulit berminyak dan rentan berjerawat banyak menorehkan pelajaran berharga bagi gue, khususnya dibidang permake-up-an.

SUDAH TAU KULITNYA BERMINYAK, NGAPAIN SOK-SOK MAKE UP?

Bagi gue, tidak ada salahnya bermake up, yang penting kita tau bagaimana kondisi kulit wajah saat bermake up. Setiap individu berhak atas dirinya sendiri. Selagi tidak mengganggu kehidupan orang lain sih, ya weees. Dengan make up, membuat gue percaya diri menghadapi kerasnya tempaan dalam mengais rejekiNya. hahaha. Lebaaaaay.

Eniwey untuk sehari-hari make up gue natural pake banget. Karena senjata utamanya hanya mengandalkan sunblock dan bedak Marcks doang. Mencoba menggunakan foundation untuk daily make up rasanya berat banget. Beban hidup gue sudah berat, cuy! Gak usah ditambahin dengan make up yang memberatkan pula! hahahaha.

Baca : [Review] Viva Liquid Foundation untuk Kulit Berjerawat

Sejujurnya gue pernah menggunakan foundation Viva sebagai daily make up. Saat itu kerjaan gue kebanyakkan di dalam ruangan. Tidak terpapar dengan sinar matahari yang ditakuti kebanyakkan perempuan di muka bumi ini *hayooo ngakuuuu!*. Setahun kemudian, gue di tempatkan di divisi yang mana gue bersahabat dengan matahari. Penggunaan foundation sepertinya tidaklah tepat. Wajah gue seperti kilang minyak cuy!

Tetapi jika ada event di kantor, gue tetap menggunakan foundation pastinya. Dan memastikan gue tidak pacaran dengan sinar matahari. Jika bos gue membaca tulisan ini, kiranya sudi menaikkan remooon gue demi membeli make up yang anti matahari! hahahhaa.

Baca juga : [Review] Cc Foundation Viva Queen dan Perfection Natural Bright Loose Powder pada Kulit Berminyak

Cuuuus ah, gue kenalin peralatan tempur yang selalu menemani keseharian gue ketika di luar rumah.

BIODERMA SENSIBIO H2O

Daily Make Up Routine(3)

First of all sebelum menggunakan make up, tidak lupa untuk membersihkan wajah. Bioderma di gue, selain sebagai pembersih wajah, gue jadiin toner juga. Kendatipun gue sudah mencuci muka pakai sabun, setelah menggunakan bioderma di kapas, kelihatan masih banyak kotoran yang menempel di muka gue. So, pastikan kulit wajah anda bersih sebelum memulai bermake up.

Baca juga : Mencari Pelembab Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat? Coba The Saem 99% Jeju Fresh Aloe Vera Soothing Gel

 

SUNBLOCK & BEDAK MARCKS

Daily Make Up Routine(6)

Baca : [Review] Fre-C Sun Protector, Sunblock untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Namanya Fre-C Sun Protector dari Skin & Lab. Sunblock made in Korea. Produknya kebetulan cocok di wajah berminyak gue. Dikombinasikan dengan bedak marcks yang sudah terkenal banget efeknya. Karena kandungan salicylic acidnya bisa meredakan iritasi karena jerawat seperti rasa gatal dan warna kemerahan. juga mencegah timbulnya peradangan pada jerawat dan mempercepat keringnya jerawat.

CONCEALER MAKE OVER

Daily Make Up Routine(5)

Setelah menggunakan skincare dan sunblock, gue menggunakan concealer dari brand Make Over, tentunya yang berfungsi menyamarkan mata panda, bekas jerawat ataupun kemerahan yang ada di wajah gue.

Untuk mata panda parah seperti mata gue, gue menggunakan concealer yang berwarna orange kemudian gue timpa kembali dengan warna light beige. Efeknya lumayanlah tidak membuat mata panda gue kelihatan abu-abu.

Warna hijau biasa gue pake untuk menkonsil kemerahan yang di lipatan hidung ataupun bekas jerawat yang memerah.

Warna ungu biasa digunakan untuk kulit yang kelihatan kusam dan warna beige biasanya untuk noda hitam di wajah.

Selain sebagai concealer, make over ini juga sebagai primer sebelum menggunakan make up. Setelahnya baru deeeh menggunakan bedak tabur. Paket komplit-kan?

EYESHADOW FERRY ME ORIFLAME

Daily Make Up Routine

Yang ini mah opsional. Bagian ini sering terskip di daily makeup routine gue. Kalau gue berpakaiannya jam 7 pagi, biasanya gue gunain pallete ini. Tapi kalau sudah injury time, jangan harap dagh!

Sebenarnya penggunaan eyeshadow bagi gue, dikarenakan eyeshadownya mendekati expired, hahaha. Sedih ajah sih kalau membuang mereka dalam keadaan cantik jelita mulus bagai porselen. Ada penyesalan yang tak terbendung ketika tidak menggunakannya. Gue merasa seperti manusia yang tidak mensyukuri nikmatNya. Kalau endorse sih bisa gue sedekahin ke orang lain, masalahnya ini gue beli dari hasil keringat suami gue!

Maafkan nyonyah, tuaaaaan *sungkem*.

EYELINER WARDAH OPTIMUM HI- BLACK LINER

Daily Make Up Routine(1)

Jika kebanyakkan perempuan memiliki motto MANDI GAK MANDI YANG PENTING ALIS, berbeda dengan gue yang memiliki motto BEDAK GAK BEDAKAN YANG PENTING EYELINER. Eyeliner terbadai yang pernah gue miliki. And I LOVE IT!

Hitamnya memukau menembus minyak yang bukan hanya pada wajah gue doang, tetapi seluruh aspek yang ada di wajah gue. Biasanya, kalau eyeliner ketemu dengan kelopak mata yang berminyak, biasanya akan meluber menghitami area mata lainnya. Namun berbeda dengan wardah eyeliner ini.

High recomended bagi lo yang mau belajar menggunakan eyeliner.

LIPBALM NIVEA

Daily Make Up Routine(4)

Fungsinya sama dengan sunblock yang melindungi kulit dari radiasi UV yang ganas menembus kulit. Direkomendasiin oleh dokter kulit gue, bahwa lipbalm ini efektif menghalau bibir berwarna hitam akibat penggunaan lipstik.

Sebelum menggunakan lipstik, sebaiknya menggunakan lipbalm ya gaesa, selain melindungi bibir dari sinar UV, lipbalm bisa juga mengatasi bibir kering.

THE FALSIES PUSH UP DRAMA MASCARA

Daily Make Up Routine(2)

Etdagh.. drama cuuuy! Bagusnya dari penggunaan maskara ini, tidak membuat hidup lo penuh drama,wkwkwk. Inipun sebenarnya opsional untuk digunakan. Tergantung mood. Sama seperti eyeshadow, maskara gue gunakan kalau ke kondangan ataupun jika ada event super penting di kantor.

ULTRAMATTE LIPSTICK ZOYA

Daily Make Up Routine(7)

Lipstik jago-jago, andalan gue!

Baca : Zoya Ultramatte Lipstick, Gincu Jago-Jago

Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini :

Daily Make Up Routine(8)

Sebelumnya sorry to say, gue menggunakan foto lama. Ketika tulisan ini publish, si penulisnya a.k.a Raya Makyus sedang terserang yang namanya Parotitis alias bengkak babi alias gondongan. Walaupun demikian, foto tersebut sepenuhnya menggunakan produk seperti yang gue tulis di atas. Minus maskara.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sedang galau dengan produk apa saja yang cucco meong untuk kulit berminyak dan berjerawat yang ketika dipakai tidak membuat wajah breaktout.

-Raya Makyus-

 

 

Iklan

9 tanggapan untuk “Daily Make Up Routine untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

  1. Ahhh, sa jadi semangat mhe juga mau nulis. Mumpung Wahyu sudah tidur, sa mau lanjut tulis dulu ahhh 😀

    Btw, perlengkapan make up-mu lengkap say, beda dengan diriku yang minimalis banget, hehehe

  2. Raaay, dirimu sakit apaan ?? bengkak babi ?? ngakak guwe …. parah :))

    Peralatan tempurnya lumayan juga ya, aku mah apa atuh Ray gak pernah pake gituan karena emang gak bisa dandan. Tapi setuju sama si Marck itu, aku pake yang biru nya (Marck Venus).

    Sekarang gimana masih bengkak babi kah ?? atau berubah jadi bengkak cicak (udah kecil), hahahaha

  3. Uhuuukk, ngakunya naah, senjata utama hanya sun block dan bedak marcks, tapi zeetdaahhh printilannya cetaaaarr cuyy, sdh bisami bukan kelas makeup bareng Jenk di sebelah *colek IrLy hihihihih.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s